• Loadingselalu.id
  • Loading

Kamis, 29 Feb 2024 14:52 WIB

Pemkot Surabaya Beri Penghargaan 10 Kampus Ramah Lingkungan

Penghargaan kampus ramah lingkungan di Surabaya

Penghargaan kampus ramah lingkungan di Surabaya

Surabaya (selalu.id) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan penghargaan kepada 10 kampus ramah lingkungan di Surabaya. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

Dalam acara pemberian penghargaan yang digelar di Balaikota Surabaya, kemarin, Rabu (15/12), Armuji menyampaikan terima kasih kepada 10 kampus yang telah berperan aktif dalam mensukseskan program Eco Campus yang digelar Pemkot Surabaya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Imbau Warga Tidak Panic Buying Meski Harga Naik

"Kalau lingkungan ini tidak kita tata secara bersama-sama dan tidak melibatkan orang-orang kampus, maka kita tidak bisa memastikan bagaimana lingkungan ini berubah ke depannya, apalagi ini musim pancaroba yang cuacanya tidak pasti," kata Armuji, di Balai Kota Surabaya.

Armuji juga memastikan bahwa tugas menjaga lingkungan itu adalah tugas bersama-sama dengan seluruh lapisan masyarakat.

"Saya ucapkan selamat kepada para pemenang Eco campus, semoga terus bersama dengan Pemkot Surabaya dalam menjaga lingkungan," imbuhnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo mengatakan bahwa program Eco Campus adalah perwujudan sebuah kampus yang ramah lingkungan dan merupakan tindakan yang nyata untuk menjawab berbagai permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di kampus.

Baca Juga: Begini Strategi Pemkot Stabilkan Harga Beras di Surabaya

"Surabaya sudah menggelar program ini sejak tahun 2011. Tujuan program ini adalah agar civitas akademika mempunyai kesepahaman yang sama dengan Pemkot Surabaya mengenai kepedulian terhadap lingkungan hidup," ujarnya.

Civitas akademika, lanjut Suharto, bersedia bersama-sama melaksanakan penataan lingkungan dan kepeduliannya, tidak hanya lingkungan kampus tapi juga lingkungan sekitar.

"Lomba Eco Campus yang dilakukan pada tahun ini sekaligus untuk mengevaluasi penerapan perilaku ramah lingkungan hidup oleh kampus-kampus yang ada di Kota Surabaya, khususnya yang telah meraih cao campus terbaik mulai tahun 2011-2019," terangnya.

Baca Juga: Bahan Pangan Dipastikan Aman hingga Lebaran 2024 di Surabaya

Suharto Wardoyo juga menjelaskan bahwa pada tahun 2021 ini, dipilih 10 kampus terbaik, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, Universitas 17 Agustus 1945, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut, Departemen Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Narotama, Universitas Dinamika (Stikom), Universitas Wijaya Kusuma, Universitas Hayam Wuruk Perbanas, dan Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya.

Ia menambahkan, dari 10 terbaik itu kemudian dilakukan verifikasi administrasi dan lapangan, sehingga diperoleh 3 terbaik.

"Terbaik pertama adalah Universitas Dinamika (Stikom), Terbaik kedua Universitas Wijaya Kusuma, dan terbaik ketiga adalah Universitas 17 Agustus 1945. Ke-10 terbaik ini berhak mendapatkan trophy dan piagam penghargaan dari Bapak Wali Kota Surabaya," jelasnya. (Ade/SL1)

Editor : Redaksi