Rabu, 26 Jun 2024 02:16 WIB

Pemprov Jatim Perluas Jejaring Pengusaha Perempuan Lewat Reverse Linkage

Gubernur Khofifah

Gubernur Khofifah

selalu.id - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) terus menggeliatkan semangat perempuan pengusaha. Hal ini tampak dari jumlah pengusaha perempuan yang terus meningkat. Berdasarkan hasil riset Global Entrepreneurship Monitor, womenpreneur di Indonesia sudah mencapai 14 persen dari total penduduk, dimana 57,57 persen pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatim adalah perempuan.

Perekonomian di Jawa Timur saat ini terbilang tumbuh impresif sebesar 5,02 persen pada triwulan III tahun 2023 dan menjadi lokomotif perekonomian nasional dengan kontribusi sebesar 14,13 persen terhadap PDB Nasional dan berkontribusi sebesar 25,56 persen terhadap PDRB Pulau Jawa. Meskipun demikian, ini tidak lepas dari peran UMKM di Jatim yang 50 persen lebihnya dimiliki oleh perempuan.

"Data ini menunjukkan partisipasi dan peran perempuan dalam mendukung perekonomian Indonesia sangat besar khususnya di sektor pelaku UMKM," ucap Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada selalu.id, Selasa (6/2/2024).

Khofifah juga meninjau beberapa stand UMKM binaan DPD IWAPI Jatim yang menjual berbagai makanan ringan, kerajinan, tangan hingga batik dan ecoprint. Turut disaksikan olehnya pertunjukan peraga busana oleh para desainer yang tergabung dalam DPD IWAPI Jatim.

"Ini semua adalah ekspresi dari desainer top di dalam DPD IWAPI Jatim. Kita bisa melihat karya dari Bojonegoro yang bernuansa imlek, juga dari Jember, ada juga batik yang dipadukan dengan bordir. Ini ide inovatif yang inklusif dan menunjukkan wujud dari kolaborasi kita," pujinya.

Khofifah juga memberikan tali asih secara simbolis pada 25 orang driver ojol perempuan binaan DPD IWAPI Jatim. Ia juga mengajak IWAPI Jatim untuk terus berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai dinas terkait untuk mendukung peran perempuan pengusaha di Jatim.

"DPD IWAPI Jawa Timur telah menjadi mitra yang luar biasa dalam mendukung perempuan pengusaha di Jawa Timur. Kemitraan ini akan terus kita tingkatkan demi mewujudkan perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan. Mari kita bersama-sama membangun ekosistem bisnis yang  memberikan peluang setara bagi seluruh lapisan masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPD IWAPI Jawa Timur Susmiati Rahmawati menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Khofifah. Hal ini dikarenakan sepak terjang IWAPI Jatim bisa sampai di titik ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah provinsi.

"Terima kasih atas dukungan Ibu Gubernur yang luar biasa, baik dukungan moril maupun materiil seperti mobil operasional, hingga memberi kesempatan IWAPI Jatim turut serta dal Misi Dagang ke 37 provinsi se Indonesia bahkan hingga ke luar negeri," ungkapnya.

"Bagi kami tidak ada gubernur yang bisa seperti Gubernur Khofifah. Ibu benar-benar sangat menginspirasi kami," imbuhnya.

Susmiati juga berkomitmen akan terus mempererat sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai program pembangunan Pemprov Jatim. Terutama yang berkaitan dengan peran strategis perempuan pengusaha dalam pembangunan berkelanjutan menuju Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Begini Cara Wawali Armuji Dukung UMKM Surabaya Naik Kelas

Editor : Ading