Selasa, 23 Jul 2024 20:57 WIB

Khusus Orang Sibuk! Begini Strategi Maksimalkan Waktu Hiburan dengan Binge-Watching di Netflix

  • Reporter : Ade Resty
  • | Kamis, 15 Jun 2023 12:40 WIB
ilustrasi menonton Netflix

ilustrasi menonton Netflix

Selalu.id - Dalam beberapa tahun terakhir, Netflix telah menjadi salah satu platform streaming yang paling populer di dunia. Dengan berbagai pilihan konten yang tak terbatas, Netflix telah menciptakan fenomena baru yang dikenal sebagai "binge-watching" atau menonton acara secara maraton.

Di tengah kesibukan dan rutinitas sehari-hari, menemukan waktu untuk bersantai dan menikmati hiburan bisa menjadi tantangan. Namun, dengan hadirnya platform streaming seperti Netflix, menonton serial secara maraton tidak lagi terbatas pada waktu luang yang melimpah.

Baca Juga: Begini Strategi Gubernur Khofifah Turunkan Angka Kemiskinan di Jawa Timur

Binge-watching adalah praktik menonton acara televisi, khususnya serial, dalam jumlah episode yang besar dalam waktu singkat. Sebagai contoh, seseorang dapat menonton seluruh musim serial populer seperti "Stranger Things" atau "Breaking Bad" dalam satu atau dua malam.

Untuk itu, Netflix sebagai salah satu platform yang memungkinkan penonton untuk melakukan binge-watching dengan kemampuan untuk mengakses semua episode dari musim yang tersedia sekaligus. Ada beberapa alasan mengapa binge-watching telah menjadi tren yang sangat populer di kalangan penonton Netflix:
1. Netflix memberikan akses mudah ke berbagai serial dan film yang tersedia dalam format streaming. Dengan langganan bulanan yang terjangkau, penonton dapat menikmati konten
favorit mereka kapan saja dan di mana saja.
2. Banyak serial yang ditawarkan oleh Netflix memiliki pemeran yang karismatik dan cerita yang menarik. Karakter yang kuat dan plot yang menggigit sering membuat penonton tergoda untuk terus menonton dan mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya.
3. Binge-watching memberikan pengalaman yang unik bagi penonton. Dalam binge-watching, penonton tidak perlu menunggu satu minggu untuk menonton episode baru. Mereka dapat langsung melanjutkan menonton hingga tanpa batas, menciptakan kegembiraan dan kecanduan tersendiri.

Ajeng salah satu pengguna setia Netflix pun mengaku bahwa dia bukanlah tipe menikmat nonton per episode untuk itu dia sering melakukan binge watching ketika weekend.

"Aku kan suka nonton Drakor di Netflix, tapi aku gak tahan kalau nonton per episode, jadi biasanya aku nonton semuanya nunggu kelar semua episodenya baru maraton di weekend," ujar Ajeng kepada selalu.id

Terkait hal ini pun, Ajeng juga menghighlight bahwa ketersediaan internet yang stabil sangat penting untuk melakukan binge watching.

"Aku itu gak suka adanya jeda waktu saat nonton serial, maka dari itu, jadi penting banget saat binge watching atau maraton, koneksi internetnya harus stabil, kudu pinter-pinter pilih provider si, aku pakai Indihome, anti rewel," tukasnya.

Nah, berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk menikmati Binge-watching agar tidak mengganggu produktivitas dan juga keseharian. Prioritaskan dan Jadwalkan Waktu untuk Nonton Atur waktu khusus untuk menonton serial favorit. Gunakan istirahat makan siang, sebelum tidur, atau beberapa jam di akhir pekan. Dengan jadwal teratur, nikmati serial tanpa kebingungan.

Baca Juga: Bukan Sekedar Turnamen, LEAD Campus Esport 2023 Beri Banyak Keuntungan Bagi Peserta

Pilih Serial dengan Jumlah Episode yang Sesuai
Pilih serial dengan jumlah episode sesuai ketersediaan waktu. Cari yang memiliki musim pendek atau jumlah episode terbatas. Periksa jumlah episode di Netflix sebelum memulai. Hindari tekanan menonton terlalu banyak episode dalam waktu terbatas.

Manfaatkan Fitur "Skip Intro" dan "Autoplay"
Manfaatkan fitur-fitur Netflix seperti "Skip Intro" dan "Autoplay" untuk menghemat waktu nonton. Skip Intro untuk melewati pembukaan setiap episode, sementara Autoplay akan memutar episode berikutnya secara otomatis.

Fokus pada Serial yang Memang Anda Suka
Pilih serial sesuai minat dan preferensi Anda. Telusuri katalog Netflix untuk temukan serial yang menarik sesuai genre atau tema favorit Anda.

Gunakan Fitur "My List"
Manfaatkan fitur "My List" di Netflix untuk menyimpan serial favorit Anda. Dengan daftar terorganisir, Anda dapat memilih dengan mudah tanpa waktu terbuang.

Manfaatkan Tontonan Sambil Multitasking
Manfaatkan waktu multitasking untuk menonton serial saat melakukan tugas-tugas seperti menjahit, menyetrika, atau pekerjaan rumah tangga. Gunakan tablet, perangkat seluler, atau layar komputer sambil melanjutkan tugas-tugas tersebut.

Baca Juga: Membangun Hype di Jakarta Fair, dari Digitalisasi Tiket hingga Band Terkenal

Cari Serial dengan Episode Pendek
Pilih serial dengan episode pendek atau format anthology. Episode yang singkat memungkinkan Anda menyelesaikan satu cerita dalam waktu yang terbatas. Contoh serial dengan episode pendek adalah "Black Mirror" dan "Love, Death & Robots".

Gunakan Fitur "Play Next" dan Rekomendasi Personalized
Gunakan fitur "Play Next" di Netflix untuk rekomendasi serial berikutnya. Jelajahi juga rekomendasi personalisasi Netflix sesuai minat Anda.

Terakhir adalah penggunaan internet cepat Indihome dari Telkom Indonesia yang dapat membantu Anda menikmati pengalaman binge-watching di Netflix meskipun lebih baik dalam waktu yang terbatas.

Selain itu, ada banyak paket bundling yang tersedia dari Indihome untuk layanan Netflix.Tetaplah fleksibel dalam mengatur waktu dan selalu prioritaskan serial yang benar-benar Anda sukai. Selamat menonton! (Adg)

Editor : Ading