Jumat, 14 Jun 2024 04:31 WIB

Wali Kota Eri Apresiasi Pemenang Sea Games, Bonus 1,2 Miliar dan Nama Diabadikan di Museum Olahraga

  • Reporter : Ade Resty
  • | Sabtu, 10 Jun 2023 18:35 WIB
Pemberian apresiasi untuk atlet pemenang Sea Games 2023

Pemberian apresiasi untuk atlet pemenang Sea Games 2023

Selalu.id - Pemkot Surabaya mengucurkan bonus apresiasi sebesar Rp1,2 miliar untuk 32 pahlawan olahraga yang sudah berjuang dan menyumbangkan medali di ajang Sea Games 2023 Kamboja. Diantaranya Merselino Ferdinan dan Rizky Ridho

Total sebanyak 32 pahlawan olahraga itu terdiri dari 26 atlet dan 6 pelatih. Mereka ada yang berhasil meraih emas, perak, dan perunggu.

Pemberian apresiasi itu diserahkan langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di ruang sidang Wali Kota Surabaya, Sabtu (10/6/2023).

Eri mengatakan sebenarnya apresiasi itu diberikan pada saat resepsi Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 730 pada 31 Mei 2023 lalu, tetapi waktu itu banyak atlet dan pelatih yang tidak bisa hadir.

Sehingga hanya ada dua atlet yang menerima apresiasi tepat di Hari Jadi Kota Surabaya, dan pemberian bonus apresiasi hari ini adalah tindaklanjutnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri mengaku bersyukur karena Pemkot bisa memberikan apresiasi kepada para atlet yang ikut menyumbangkan medali di Sea Games Kamboja 2023 lalu.

Menurutnya, atlet Surabaya yang berhasil membawa pulang emas, perak dan perunggu diberikan bonus apresiasi semuanya, namun tentu jumlah yang diterima berbeda antara peraih emas, perak, dan perunggu, termasuk yang perorangan maupun yang peregu.

“Ini adalah bentuk apresiasi Pemkot Surabaya kepada atlet Kota Surabaya yang berhasil membawa nama Kota Surabaya, mengharumkan nama Kota Surabaya yang terus bergerak menjadi lebih harum Kembali,” kata Wali Kota Eri.

Ia juga berpesan kepada seluruh atlet untuk terus meningkatkan kemampuannya supaya bisa terus berprestasi. Ia pun ingin mengembalikan Surabaya ini sebagai kota olahraga, makanya para atletnya harus banyak yang dilahirkan dan dihasilkan dari Kota Surabaya.

“Saya yakin Kota Surabaya akan terus menjadi yang terbaik untuk para atlet,” ujarnya.

Lebih lanjut Eri  meminta  Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya untuk menyiapkan tempat latihan bagi semua cabang olahraga, untuk pemusatan latihan mereka dan persiapan semua tempat latihan itu akan dimulai tahun 2024.

“Nah, untuk di tahun 2023 ini ketika belum tersedia tempat latihannya, maka pemkot akan menyediakan tempat-tempat pemusatan latihan. Semoga dengan cara seperti ini puslatcab bisa berjalan lebih dengan baik dan atlet-atlet Surabaya bisa semakin berprestasi,” tegasnya.

Tak hanya itu, Eri juga meminta Disbudporapar untuk mengabadikan nama-nama atlet berprestasi itu di Museum Olahraga milik Pemkot Surabaya.

Makanya, nanti ada salah satu ruangan di Museum Olahraga yang akan mencatat nama-nama atlet yang berprestasi di tingkat internasional, nasional, dan juga provinsi.

“Ini penting supaya adik-adik kita bisa mencontoh dan memiliki semangat yang sama dengan kakak-kakaknya untuk memberikan yang terbaik bagi Surabaya dan bisa mengharumkan nama Kota Surabaya, karena saya yakin sejatinya dengan budaya Arek, Kota Surabaya seperti inilah hasilnya,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum KONI Surabaya Hoslih Abdullah mengakui bahwa bonus apresiasi kepada atlet dan pelatih dari Pemkot Surabaya ini sangat luar biasa.

Bahkan, ia menilai bonus apresiasi yang diberikan kepada para atlet itu lebih besar dibanding dengan daerah-daerah lainnya.

“Tentu ini akan semakin memompa semangat para atlet untuk terus meraih prestasi ke depannya,” katanya.

Rivan Nurmulki, atlet Volly yang membawa Timnas Volly putra meraih emas di Sea Games Kamboja menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkot Surabaya yang telah memberikan apresiasi ini. Bagi dia, apresiasi ini akan terus menambah semangatnya dalam meraih prestasi. “Pastinya akan terus berlomba-lomba dalam meraih prestasi ke depannya,” pungkasnya. (Ade)

Editor : Ading