Senin, 15 Jul 2024 02:49 WIB

Idul Adha, Jokowi Bakal Kurbankan Mbrebes Mili

  • Reporter : Ade Resty
  • | Minggu, 16 Jun 2024 20:11 WIB

Selalu.id - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bakal mengurbankan sapinya di Masjid Al-Akbar Surabaya, untuk Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Diketahui Sapi milik Presiden Jokowi jenis Peranakan Ongol itu baru saja tiba hari ini, Minggu (16/6/2024) pagi.

Baca Juga: Dekat dengan Gibran di APEKSI, Sinyal Eri Cahyadi Didukung Jokowi?

“Alhamdulilah sapi Presiden Jokowi secara istiqomah berkurban di Masjid Al Akbar Surabaya hampir 10 tahun. Di 2024 ini bertempatan 1455 Hijriah,” kata Sekretaris Badan Pelaksana dan Pengelola (BPP) Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) Helmy M Noor di Surabaya, kepada awak media.

Helmy menjelaskan sapi milik orang nomor satu di Indonesia dengan berat satu ton dirawat oleh peternak bernama Teguh asal Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 

“Presiden Jokowi berkurban Sapi jenis peranakan ongol berusia 5 tahun. Kemudian beratnya 1.010 Kg/ton,” ujarnya.

Lebih lanjut Helmy menyebut kalau nama Sapi berwarna putih dan memiliki satu punuk itu diberi nama Mbrebes Mili. 

“Kenapa dikasih nama Mbrebes Mili, menurut Perternak Sapi Prasiden Jokowi pak Teguh karena saking bahagianya sapinya dibeli oleh Presiden Jokowi jadi kurban di tahun 2024,” ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Absen Hari Otoda, Gibran Tak Disebut Saat Penganugerahan

Ia menambahkan, selain sapi milik Presiden Jokowi ada pula hewan kurban dari pejabat lainnya yakni seperti sapi milik Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto. 

“Kemudian ada dari Pandam juga dan Ibu haji Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur Periode 2019/2024,” tambahnya.

Nantinya, semua hewan kurban yang ada di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan dilakukan pemotongan mulai Selasa 18 Juni 2024, besoknya.

Baca Juga: Jokowi Bakal Beri Tanda Kehormatan 15 Kepala Daerah, Ada Bobby dan Gibran

“Hewan kurban yang ada di masjid nasional Surabaya akan dipotong H+1 tepatnya hari selasa tanggal 18 Juni 2024 mulai badah subuh,” terangnya.

Sisi lain, Helmy mengungkapkan jumlah hewan kurban diprediksi tahun 2024 ini akan bertambah dibanding tahun sebelumnya 2023. Ia menyebut, tahun ini kebanyakan hewannya berbobot lebih besar dari tahun lalu.

“Tahun ini insyallah bertambah. Biasanya malam idul Adha akan ketahuan berapa jumlah perolehan hewan kurban sapi maupun kambing. Tahun kemarin sebanyak 30 sapi dan 40 kambing. Tahun ini sampai semalam adalah 26 sapi dan kambinh sudah hampir 40an,” pungkasnya.

Editor : Redaksi