• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 10:12 WIB

Begini Tanggapan Cak Imin Soal Isu Risma-Thoriq di Pilgub Jatim 2024

Flayer surat suara yang tersebar

Flayer surat suara yang tersebar

selalu.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menanggapi kadernya mantan Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang diisukan maju menjadi Calon Wakil Gubernur mendampingi Tri Rismaharini di Pilgub Jatim 2024.

Cak Imin mengatakan bahwa saat ini memang banyak rekomendasi nama-nama dari kader PKB untuk dicalonkan maju Pilgub Jatim. Termasuk nama dari luar partainya.

Baca Juga: Berpeluang Diusung PKB Maju Pilgub Jatim 2024, Begini Tanggapan KH Marzuki

"Masih banyak yang sumbernya kader (maju Pilgub Jatim) ada yang sumbernya dari luar," kata Cak Imin, usai acara pembekalan Bacakada untuk Pilkada di Jawa Timur 2024, di Hotel Vasa, Surabaya, Sabtu (4/5/2024).

Munculnya nama kader PKB tersebut, setelah beredarnya foto surat suara Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Pilkada 2024 memperlihatkan gambar pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, melawan duet Tri Rismaharini-Thoriqul Haq.

Menariknya, kemunculan wajah Risma- Cak Thoriq justru menjadi isu baru seakan-seakan jadi pasangan calon Pilgub 2024, menantang calon petahana Khofifah-Emil.

Mantan Calon Wakil Presiden nomor urut satu Pilpres 2024 itu juga terbuka berkoalisi dengan partai lain termasuk PDI-Perjuangan untuk mencalonkan kepala daerah Pilgub Jatim 2024.

"Terbuka (untuk PDIP). Pokoknya koalisi dengan siapapun PKB terbuka," tegas Cak Imin.

Baca Juga: Tokoh PWNU Ini Berpotensi Diusung PKB Maju Pilgub Jatim

Saat ini PKB, kata dia, tengah menyiapkan kepala daerah untuk Pilgub Jatim dengan mekanisme yang sama dengan Pilkada Kabupaten/Kora melalui pendaftaran pencalonan kepala daerah 2024.

"Kita tunggu pendaftaran sampai di ujung nanti. Siapa yang paling terbaik kita usung," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPW PKB Jawa Timur Thoriqul Haq menanggapi isu dirinya dicalonkan maju sebagai Cawagub mendampingi Tri Rismaharini di Pilgub 2024 nanti.

Baca Juga: Begini Tanggapan Emil Dardak Terkait KIM Usulkan Nama Lain untuk Pendamping Khofifah

"Itu sopo gae flyer gak ngerti rek. (Siapa yang buat flyer, gak ngerti aku) buat itu kan dunia sekarang sopo seng memasang-masang sesuai seleranya masing-masing gae (buat) flyer ya nyebar," kata Thoriqul Haq saat ditemui di acara halalbihalal relawan yang dihadiri Anies Baswedan, di Hotel Whyndam, Surabaya, Senin (29/4/2024) lalu.

Thoriqul menegaskan bahwa dirinya yang juga sebagai pengurus partai PKB di Jawa Timur ingin mempersiapkan kefokusannya maju Pilkada Lumajang kembali.

"Wong aku pengurus PKB Jawa Timur. Dan sudah dalam tahap di PKB saya dipersiapkan ke Lumajang," ujarnya.

Editor : Arif Ardianto