Rabu, 22 Mei 2024 03:19 WIB

Begini Cara Unik Pj. Gubernur Adhy Guyubkan Para Perangkat Daerah

Foto: Kegiatan Kepala Perangkat Daerah Pemprov Jatim

Foto: Kegiatan Kepala Perangkat Daerah Pemprov Jatim

selalu.id – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menggelar qiyamul lail dan lomba masak bandeng di penghujung malam 29 bulan suci Ramadan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (9/4) dini hari.

Agenda yang diikuti segenap Kepala Perangkat Daerah, serta dirut BUMD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur itu diawali dengan rangkaian qiyamul lail yang dipimpin imam besar Al Akbar KH. Ahmad Muzakki. Dilanjutkan lomba masak bandeng asli Kabupaten Gresik untuk santap sahur bersama.

Pj. Gubernur Adhy mengatakan, ikan bandeng yang digunakan sebagai bahan utama lomba merupakan hasil belanja di Pasar Bandeng Gresik yang diselenggarakan setiap akhir bulan Ramadan.

“Lomba masak bandeng menjadi bagian dari pelestarian tradisi lelang bandeng Gresik sekaligus meningkatkan keguyuban antar Kepala Perangkat Daerah,” kata Adhy.

Dalam lomba memasak ikan bandeng ini, peserta diberi waktu 45 menit. Nampak seluruh peserta antusias dan cekatan mengolah ikan bandeng.

Semangat dan kegembiraan ditunjukkan para peserta lomba masak olahan bandeng Gresik ini, dimana canda tawa dan keseriusan mewarnai lomba masak memasak tersebut.

Salah satunya yang ditunjukkan peserta gabungan Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Kominfo jatim. Menurut Kadinsos Prov. Jatim Restu Novi Widiani, tradisi qiyamul lail dan lomba masak memasak merupakan tradisi yang hanya ada di pemerintahan provinsi Jawa Timur, Ia berharap kedepannya agar bisa mengikutsertakan masyarakat dalam kegiatan ini, sehingga kegiatan seperti ini lebih meriah .

“Alhamdulillah ini tradisi Pemprov Jatim yang terus kami jaga, kedepannya saya rasa masyarakat bisa diajak kerjasama biar tambah heboh,” katanya.

Begitu juga yang disampaikan oleh Plt. Dirut Bank UMKM Irwan Eka Wijaya  yang pada kesempatan tersebut berkolaborasi dengan Dirut Bank Jatim. Menurutnya dengan kegiatan semacam ini selain menyenangkan juga mampu membangun kekeluargaan antar sesama perangkat daerah.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, kita beraktivitas dan beribadah, jadi ibadahnya dapat, aktivitasnya dapat dan kekeluargaannya dapat serta menyenangkan,” ungkapnya.

Selesai mengolah bandeng dengan berbagai macam varian, seluruh peserta menyajikan hasil masakan kepada tim juri, yakni Pj. Gubernur Adhy, Pj Sekdaprov Bobby Soemiarsono dan KH Ahmad Muzakki.

Ketiganya, menilai masing-masing masakan peserta berdasarkan cita rasa, sajian dan kekompakan tim. Hasilnya, didapat juara 1 adalah Biro ekonomi dan Dinas ESDM, juara 2 diraih oleh DP3AK dan DPMD. dan juara 3 diraih RS. Menur dan DPMPTSP.

Untuk  Harapan 1 diraih Kasatpot PP dan Bakesbangpol, harapan 2 diraih Biro Kesra, sedangkan untuk Harapan 3 didapat oleh RSUD Soetomo &  RS. Haji

Sedangkan untuk juara terfavorit diraih oleh Bakorwil Pamekasan dan Bakorwil Jember, sedangkan juara terkreatif didapat oleh Dinas Kominfo dan Dinsos Prov. Jatim.

Baca Juga: Kick Off HDDAP, Pemprov Jatim Tingkatkan Kesejahteraan Petani Hortikultura

Editor : Arif Ardianto