• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 10:16 WIB

Belasan Anak Disabilitas Nonton Bareng Film Inspiratif Bareng Kemensos

  • Reporter : Redaksi,
  • Sabtu, 30 Mar 2024 12:57 WIB
Foto: Anak disabilitas

Foto: Anak disabilitas

selalu.id - Kemensos kembali memberi perhatian khusus pada disabilitas, terutama anak-anak. Kali ini belasan anak penyandang disabilitas mengikuti acara nonton bareng film inspiratif di Sentra Abiyoso Kementerian Sosial di Cimahi.

Selain menonton, anak-anak juga diberikan voucher untuk dibelanjakan di bazar ramadhan yang juga digelar di halaman depan Kantor Sentra Abiyoso.

Menariknya, para penjual di bazar adalah penerima manfaat (PM) program Asistensi Rehabilitasi Sosial  ATENSI dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah mendapatkan pelatihan kewirausahaan.

Salah satu peserta, Hana Dinda Fadilah (15) mengatakan antusias mengikuti kegiatan  nonton bareng ini. "Seneng banget tadi nonton coco," katanya saat ditemui di Sentra Abiyoso, Jumat (29/3).

Siswa Kelas VIII Sekolah Luar Biasa (SLB)  BC Aras Cimahi ini makin senang karena setelah nonton ia diberikan voucher untuk berbelanja takjil di Bazar Ramadhan. "Tadi mendapat voucher enam lembar. Semuanya sudah dibelanjakan untuk membeli  cheese stick, cireng, dan  salad buah," ujarnya.

Senada dengan Hana, guru SLB yang mendampingi juga melihat  antusiasme anak-anak pada kegiatan ini. Salah satunya Guru SLB Negeri A Citeurep Cimahi, Maitsa Ibtisama. Menurutnya anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan. "Alhamdulillah excited ya. Anak-anak semuanya senang,” katanya.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Kepala Sentra Abiyoso Rinto Indratmoko mengatakan kegiatan nonton bareng bersama anak-anak penyandang disabilitas berlangsung sehari. Sebelumnya, peserta nonton bareng adalah anak-anak dari Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA).
"Ada 5 LKSA dan SLB yang kita undang. Masing-masing kami minta untuk mengirimkan 30 anak," ungkapnya.

Rinto mengatakan kegiatan nonton bareng berlangsung sejak  21 Maret 2024 dan berakhir 28 Maret 2024 kemarin. Dikatakan Rinto, film yang diputar menyesuaikan dengan usia anak dan juga terdapat pesan moral di dalamnya. "Ada film Petualangan Sherina, Laskar Pelangi. Ada tentang film Bilal bin Rabbah dan ada beberapa film lain yang bisa dinikmati oleh anak-anak," katanya.

Baca Juga: Kisah Sukses Made Suliati, Penerima PKH di Bali dengan Berdagang Canang

Editor : Ading