Sabtu, 22 Jun 2024 23:45 WIB

Kenalkan Taman Prasejarah Leang-leang di Ajang AHLF, Kemensos Bangun Fasilitas untuk Difabel

Mensos Risma resmikan taman Leang-leang

Mensos Risma resmikan taman Leang-leang

selalu.id - Usai mengecek ruang pamer hasil karya penyandang disabilitas di Sentra Wirajaya, Mensos Risma lanjut memantau persiapan Taman Prasejarah Geopark, Leang-leang di Maros, Sulawesi Selatan, Senin (9/10/2023).

Baca Juga: Cerita Hikmat, Disabilitas Netra yang Sukses dengan Pijat Shiatsu

Hal ini dilakukan sebagai persiapan acara pertemuan tingkat tinggi ASEAN untuk Disabilitas atau ASEAN High Level Forum (AHLF) on Disability-inclusive Development and Partnership di Makasar.
Risma membangun kawasan wisata purba tersebut dengan ramah difabel.

"Ini saya lagi ngontrol semuanya, nanti abis ini liat gladi bersihnya anak-anak untuk pentas, welcome dinnernya, kalau lokasinya siap," ujar Risma saat ditemui di lokasi.

Risma mengaku takjub dengan peninggalan batu yang berusia ribuan tahun silam dan membentuk relief unik. Selain batu, di kawasan tersebut juga ditemukan goa dengan lukisan manusia purba  yang disebut tertua di dunia. Mensos Risma juga sempat mengunjungi goa tersebut.

"Saya buat terus terang, ini adalah aset yang sebetulnya banyak orang pengen lihat. karena itu yang saya ketahui saya pernah ke suku di meksiko, itu pun semua banyak sekali yang lihat. Saya pengen mengenalkan ini, sehingga suatu saat nanti banyak orang tertarik untuk melihat peninggalan ini. Karena ini menurut saya aset yang luar biasa," jelasnya.

Risma berharap penyandang difabel dapat juga menikmati peninggalan yang tak ternilai harganya tersebut dengan nyaman. Untuk itu Mensos Risma membangun fasilitas termasuk toilet yang ramah untuk penyandang difabel.

"Kita mempunyai sejarah yang panjang, yang bisa dikenalkan di dunia, karena itu kenapa saya salah satunya milih makassar, alasannya itu," jelasnya.

Kemensos juga menyiapkan beberapa kursi roda serta alat bantu lainnya agar pengunjung difabel dapat menikmati wisata yang kini berstatus geopark tersebut dengan aman dan nyaman. Khususnya tamu-tamu dari AHLF.

Baca Juga: UNAIR Beri Workshop Digital Marketing Kain Ecoprint untuk Murid Disabilitas YPAC Surabaya

Editor : Ading