• Loadingselalu.id
  • Loading

Minggu, 14 Apr 2024 20:44 WIB

Festival Susu Sapi Brau 2021

Wow!! Dusun di Batu ini Memiliki Sapi Perah Lebih Banyak dari Jumlah Penduduknya

Gelar seni pembukaan Festival Susu Sapi Brau 2021

Gelar seni pembukaan Festival Susu Sapi Brau 2021

Surabaya (selalu.id) - Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso  membuka Festival Susu Sapi Brau 2021, bertempat di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Selasa (30/11). Berdasar keterangan Punjul, dusun ini memiliki sapi perah lebih banyak dari jumlah penduduknya.

Kadisparta, Arief as Sidiq menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya menjadikan Dusun Brau sebagai ikon Kota Wisata Batu dalam mendatangkan wisatawan. Beliau menyampaikan bahwa Pemkot Batu melalui Disparta dan masyarakat Gunungsari akan terus meningkatkan program pengembangan desa wisata. Dusun-dusun lain di Gunungsari semuanya berpotensi dijadikan destinasi wisata dan berharap agar ada kolaborasi antar dusun untuk pariwisata. 

Baca Juga: Dilema Peternak Ayam Diantara Harga Pakan dan Telur

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menjelaskan bahwa di Dusun Brau susu sapi tidak hanya diminum, tapi juga diolah menjadi berbagai olahan.

"Dusun Brau adalah tempat yang luar biasa, jumlah sapi perah lebih banyak dari penduduknya," Ujar Punjul. 

Baca Juga: Gunakan Aplikasi Standarisasi Harga Telur, Perhimpunan Peternak Halau Monopoli Komoditas

"Bersama-sama warga mereka menyulap Dusun Brau menjadi tempat wisata. Warga membersihkan dan membuat ikon-ikon wisata yang bagus, serta memperbaiki kondisi kandang sehingga bersih dan cocok untuk wisata dengan melibatkan BBPP (Balai Besar Pelatihan Peternakan) Kota Batu, Kedepannya, kotoran sapi bisa dibuat biogas" Lanjut Punjul.

Setahun yang lalu, Jumat (23/10/2020) dusun yang bernama Dusun Brau dilaunching menjadi Wisata Edukasi Susu Sapi Perah Brau.

Baca Juga: Rumah Dinas Peternakan Pemprov Jatim Terbakar, 12 Unit Damkar Dikerahkan

Tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah, dusun ini dikelilingi beragam obyek wisata. Satu lagi potensi wisata yang tidak dimiliki daerah lain adalah dusun ini memproduksi susu berkualitas tinggi. Bukan hanya dikonsumsi oleh warga Kota Batu, namun juga digemari warga Pulau Dewata Bali.

Selain itu, berbagai olahan susu juga akan disajikan untuk wisatawan di wisata edukasi susu yang ada di Dusun Brau ini. Tidak hanya susu murni tapi juga susu pasteurisasi, yogurt, ice cream, stik susu, permen susu hingga berbagai sajian makanan lainnya.

Editor : Redaksi