Sabtu, 20 Jul 2024 19:12 WIB

Pertama di Indonesia, Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya Bakal Diresmikan Megawati

  • Reporter : Ade Resty
  • | Selasa, 25 Jul 2023 10:12 WIB
Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar

Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar

selalu.id - Kebun Mangrove Gunung Anyar sudah dikenal sebagai satu destinasi wisata andalan Kota Surabaya. Kebun Mangrove Gunung Anyar pun akan segera diresmikan menjadi Kebun Raya Mangrove pertama di Indonesia, pada Rabu (26/7/2023) besok.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Sukarno Putri bakal ikut meresmikan Kebun Raya Mangrove, Gunung Anyar bersama Wali Kota Eri Cahyadi, yang peresmiannya besok juga bertepatan dengan Hari Mangrove Internasional.

Baca Juga: Keren! Koleksi Kebun Raya Mangrove Surabaya Paling Lengkap se-Indonesia

Eri Cahyadi pun mengatakan bahwa kesiapan untuk membuka Kebun Mangrove Gunung Anyar menjadi Kebun Raya Mangrove pertama telah mencapai 99 persen.

"Insyaallah peresmian besok dilaksanakan jam 10 oleh ketua Dewan Pengarah BRIN, beliau juga Ketua Yayasan Kebun Raya," kata Eri.

Kebun Raya Mangrove ini, Eri menyampaikan bakal menjadi satu-satunya di Indonesia. Tak hanya itu, kebun raya ini selain menjadi wisata juga akan menjadi pusat edukasi, riset dan konservasi mangrove. 

"Nanti kita akan siapkan jalur-jalurnya, semacam ada titik pemberhentian awal yang di sana akan diberi edukasi tentang mangrove yang ada di lokasi ini, yang saat ini ada 57 spesies. Selain itu juga akan diberi arahan terkait rute dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat melintasi wilayah kebun raya ini," ujarnya.

Selain menjadi tempat edukasi dan pariwisata, kata dia, penetapannya menjadi Kebun Raya ini juga memiliki manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Dimana konsep ekonomi yang diusung nantinya akan sama seperti Romokalisari Adventure Land.

"Nanti hasilnya juga akan diberikan kepada masyarakat, seperti Romokalisari. Jadi insyaallah akan ada pengembangan oleh masyarakat dan komunitas yang hasilnya bisa mengurangi kemiskinan," katanya.

Baca Juga: Megawati Resmikan Kebun Raya Mangrove Surabaya, Adi Sutarwijono: Menjaga Keberlanjutan Lingkungan

"Kalau misal ada jenis mangrove  lain kita akan ambil, kita minta bibit kita taruh bibitnya sehingga, kebun raya ini semakin sempurna dengan semua jenis mangrove lain," tambahnya. 

Di Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar juga terdapar beragam wahana, seperti ATV (All Terrain Vehicle), Jetzki hingga perahu wisata. Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Kemitraan Riset dan Inovasi BRIN, Muhammad Amin menyampaikan, bahwa terdapat lima fungsi kebun raya. Dimana salah satu fungsinya selain sebagai tempat wisata, edukasi juga penelitian.

"Jadi nanti kita berharap di Kebun Raya Mangrove ini adalah salah satu wadah untuk peneliti-peneliti. Dari perguruan tinggi dan mahasiswa juga bisa untuk masuk sini meneliti mangrove," kata Muhamad Amin.

Amin juga menyebut yang paling utama terkait keberadaan Kebun Raya Mangrove Surabaya ini adalah menjadi yang pertama di Indonesia. Sebab, dari keseluruhan jumlah kebun raya yang ada di Indonesia, khusus untuk mangrove masih belum ada.

Baca Juga: Soal Langkah Politik Gubernur Khofifah di 2024, Megawati: Karepmu!

"Dari 46 kebun raya secara nasional di Indonesia, Kebun Raya Mangrove kita belum punya. Nah, (di Surabaya) inilah satu-satunya Kebun Raya Mangrove secara nasional," ungkapnya.

Karena itu, pihaknya berharap, setelah diresmikan oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia nanti, pengelola dapat melakukan eksplorasi mangrove. Bagaimana mencari bibit-bibit mangrove dari wilayah lain untuk kemudian ditanam di Kebun Raya Mangrove Surabaya.

"Jadi kalau ada masyarakat umum ingin berwisata atau mencari pengetahuan tentang mangrove apa, dari wilayah mana, semua ada di sini. Tujuan utamanya di situ. Kita berharap ini menjadi center (pusat) Kebun Raya Mangrove di Indonesia," pungkasnya. (Ade/Adg)

Editor : Ading