• Loadingselalu.id
  • Loading

Minggu, 14 Apr 2024 20:47 WIB

UMSurabaya Tekan Mou Empat Implementasi dengan Menparekraf

Selalu.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno lewat Superkey Consulting Group (SCG) Sandination tekan kerjasama dengan UMSurabaya, di Gedung At-Tauhid Tower, Kamis (25/5/23).

Sandiaga Uno mengatakan ada empat implementasi kerjasama tersebut yakni penyelenggaraan program beasiswa pelatihan, penyelenggaraan program praktisi mengajar (praktisi sebagai dosen tamu), penyelenggaraan program kepemimpinan, karir dan bisnis dan penyelenggaraan program magang, dan penyaluran kerja.

Baca Juga: Kemenparekraf Prediksi Wisatawan Nusantara Melonjak di Libur Lebaran 2024

Tak hanya tekan kerjasama dengan UM Surabaya, Sandi juga memberikan pelatihan pemasaran digital kepada mahasiswa, siswa, komunitas kreatif hingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan rentan usia 17-30 tahun.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini adalah upaya memberikan keterampilan youthpreneurship dan pemasaran digital dalam membuka dan menciptakan lapangan pekerjaan. Sandi juga memotivasi para peserta agar dapat membuka peluang usaha untuk berwirausaha.

Kata dia, pelatihan keterampilan youthpreneurship akan mampu menciptakan ekonomi yang lebih kuat dengan terbentuknya lapangan kerja baru. Hal ini akan mendorong mahasiswa untuk melek digital secara efektif dalam meningkatkan komunikasi modern.

“Teknologi digital memberikan dampak yang luar biasa di dunia. Pemanfaatan teknologi digital telah mampu mengubah dunia serta telah membentuk pola komunikasi tanpa sekat geografis, sehingga pada praktik bisnis, teknologi digital dapat mempercepat business process,” ujarnya dihadapan para peserta.

Di akhir paparannya, Sandi juga memberikan bantuan beasiswa kepada delapan pemenang beasiswa wirausaha sandination secara langsung.

Baca Juga: Kemenparekraf Optimis Bali Mampu Jaring 7 Juta Wisatawan Mancanegera di 2024

Dengan pemberian beasiswa kepada anak-anak muda guna menjawab tantangan, ia menegaskan, bahwa pelaku UMKM butuh digitalisasi dan justru anak-anak muda yang memiliki kreasi dan inovasi.

“Beasiswa ini untuk membantu anak muda bukan hanya dalam kegiatan belajar yang di kampus saja, tapi dengan konsep kampus merdeka, anak anak muda bisa menciptakan konten-konten dan membantu penjualan UMKM. Jadi selain mendapatkan ilmu juga akan meningkatkan ekonomi dan lapangan kerja,”ujarnya.

Ia juga berpesan kepada anak-anak muda agar melakukan tiga hal, pertama untuk selalu meningkatkan kompetensi, kedua menyesuaikan skill dan terakhir mengetahui kompetensi baru yang dimiliki.

Baca Juga: Sandiaga Uno Upayakan Harga Tiket Pesawat Domestik Turun

Sementara itu, Sukadiono rektor UM Surabaya dalam sambutannnya mengucapkan selamat datang dan mengucapkan terimakasih karena telah memilih UM Surabaya sebagai tuan rumah.

Sebagai kampus sejuta inovasi, Suko menyebut ketika hidup dalam dunia digital, inovasi harus terus dilakukan untuk megikuti perkembangan zaman.

"Ini sejalan dengan Muhamamdiyah yakni berkemajuan adaptif dan inovatif," pungkasnya. (Ade)

Editor : Ading