Senin, 19 Mei 2025 10:17 WIB

Kinerja Pelindo Regional 3 Moncer, Arus Penumpang dan Kargo Melonjak di Triwulan 1

Pelindo Regional 3

Pelindo Regional 3

selalu.id - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 mencatatkan kinerja operasional yang gemilang pada Triwulan I 2025. Pertumbuhan signifikan terjadi di berbagai sektor, didorong oleh meningkatnya mobilitas masyarakat dan aktivitas perdagangan internasional.

 

Baca Juga: Pelindo Regional 3 Kebut Terminal Multipurpose Batang, Dukung KITB sebagai Pusat Industri Terpadu

Berdasarkan data resmi, arus penumpang melonjak tajam. Sebanyak 1,4 juta penumpang menggunakan layanan Pelindo Regional 3, meningkat 122 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Lonjakan ini sebagian besar dipicu oleh padatnya arus mudik Lebaran di pelabuhan utama seperti Tenau Kupang, Trisakti, Benoa, Ende, dan Kumai.

 

Kunjungan kapal juga meningkat signifikan. Tercatat 26.259 unit kapal bersandar di pelabuhan-pelabuhan Pelindo Regional 3, tumbuh 105 persen secara tahunan (YoY). Angka ini mencerminkan peningkatan aktivitas pelayaran dan perdagangan di wilayah tengah dan timur Indonesia.

 

Baca Juga: Pelindo Regional 3 Sukses Layani 704.769 Pemudik Selama Masa Angkutan Lebaran 2025

Di sektor kargo, arus petikemas mencapai 1,5 juta TEUs, naik 103 persen secara YoY. Peningkatan ini ditopang oleh layanan operator pelayaran global seperti Evergreen, ANL, MSC, dan Sealand, serta melonjaknya ekspor ke AS (128 persen), Korea Selatan (121 persen), dan Jepang (115 persen). Impor dari Tiongkok juga naik 105 persen, mencerminkan dinamika perdagangan yang positif.

 

Untuk kargo non-petikemas, tercatat 3,8 juta MMBTU berhasil ditangani, meningkat 150 persen dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan ini didorong oleh permintaan LNG di Pelabuhan Benoa untuk kebutuhan pembangkit listrik PT PLN Indonesia Power.

Baca Juga: Pelindo Regional 3 Prediksi Kenaikan Penumpang 10 Persen di Lebaran 2025

 

Executive Director Pelindo Regional 3, Daru Wicaksono, menyatakan bahwa capaian ini berkat sinergi dan kerja keras seluruh elemen. “Pencapaian ini adalah hasil optimalisasi pelayanan, kolaborasi dengan para pemangku kepentingan, serta kesiapan infrastruktur dan SDM dalam menyambut momen penting seperti Natal, Tahun Baru, dan Lebaran,” ujar Daru, Jumat (9/5/2025).

Editor : Ading