Senin, 15 Jul 2024 02:19 WIB

UNAIR Torehkan Prestasi di Kontes Robot Nasional 2024

Mahasiswa Unair

Mahasiswa Unair

selalu.id - Lima mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya sabet juara 3 lomba robot nasional di ajang kontes Robot Indonesia 2024, di Universitas Muhammadiyah Surakarta 1-5 Juli 2024 kemarin. Lima mahasiswa ini meraih juara tiga dalam kategori robot pemilah sampah.

Acara ini merupakan acara tahunan pusat prestasi nasional. Kontes Robot Indonesia 2024 ini diikuti oleh 24 peserta (tim) dari berbagai Universitas yang ada di Indonesia. Peserta yang mengikuti kontes tersebut, terdiri dari mahasiswa Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan.

Unair sendiri mengeluarkan dua robot dalam kontes tersebut, dengan kategori Robot Pemilah Sampah. Kontingen Unair terdiri dari tim inti, Affa Ndaru Rabbany Wijaya, Wisnu Imam Satrio, Zinadine Zidan Alsyahana, Stevanus Saut Hamonangan Gultom dan sang Manager, Jasmine Adlina Hapsari.

Dua robot tersebut diberi nama Apin dan Acil, yang masing-masing memiliki fungsi khusus. Apin, robot autonomous, lengkap dengan kamera untuk mendeteksi dan memilah sampah berdasarkan jenisnya. Sementara Acil, adalah robot manual yang digunakan untuk mendistribusikan sampah.

Stevanus, salah satu anggota tim mengatakan, bahwa harus melalui berbagai tahapan seleksi. Mulai dari seleksi dokumen, seleksi wilayah, hingga seleksi nasional. Pada tahap nasional, tim mendapatkan tantangan untuk membuat dua robot yang dapt bekerjasama dalam memilah dan mendistribusikan sampah.

"Tantangan terbesar tim adalah beradaptasi dengan kondisi lapangan dilokasi lomba yang berbeda dengan kondisi yang ada dalam informasi," terang Stevanus kepada selalu.id, Selasa (9/7/2024).

Sementara itu, terpisah, Prof Budi Setiawan, Dekan Fakultas Teknologi Maju dan Multi Disiplin (FTMM) Unair Surabaya mengatakan, prodi TRKB ini adalah salah satu program studi yang implementatif untuk menjawab tantangan ke depan.

"Robot yang diciptakan ini kan sebagai hasil belajar menjawab tantangan ke depan seperti robot pemilah sampah ini. Saya berharap, torehan prestasi ini kedepannya bisa meningkat dan selalu membanggakan FTMM serta Universitas Airlangga," tukasnya.

Baca Juga: Dosen FKM UNAIR Tanggapi Penghapusan Kelas BPJS Kesehatan

Editor : Ading