Senin, 15 Jul 2024 03:29 WIB

Demokrat-PAN Kerjasama dengan Belasan Daerah untuk Pilkada 2024

  • Reporter : Ade Resty
  • | Kamis, 20 Jun 2024 08:43 WIB
Koordinasi Demokrat PAN

Koordinasi Demokrat PAN

selalu.id- DPD Demokrat bersama DPW PAN Jawa Timur sudah memutuskan kerjasama lebih 50 persen daerah yang ada di Jawa Timur untuk calon kepala daerah (Bacakada) di Pilkada serentak 2024 nanti.

Hal itu disebutkan saat Ketua DPD Demokrat Emil Elistianto Dardak beserta pengurusnya mengunjungi Kantor DPW PAN Jatim, Rabu (18/6/2024) malam. Kedua partai melakukan pembahasan terkait kerjasama Pilkadan di Jatim.

Ketua DPW PAN Jawa Timur Ahmad Rizki Sadig mengatakan pihaknya sudah menerima surat keputusan Dewan Pimpina Pusat (DPP) dari partai PAN, Demokrat, Gerindra dan Golkar.

Surat keputusan itu terkait calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur untuk termasuk daerah Kabupaten/Kota untuk Pilkada 2024.

Ia menyebut, PAN dan Demokrat sudah melakukan komunikasi intensif, Sinergitas dan penyamaan frekuensi untuk pilkada di 38 Kabupten/Kota di Jatim.

“Dari hasil diskusi tadi (Demokrat dan PAN) ada lebih 50 persen sekitar 15-an lebih yang sudah fiks dan juga di luar 15 ada irisannya kemungkinan dalam proses dinamika kedepan akan menjadi sama,” kata Sadiq, saat ditemui usai pertemuan tertutup bersama DPD Demokrat Jatim.

Sadiq menyampaikan dari belasan daerah yang bekerjasama bersama Demokrat diantaran ada Surabaya, Ngawi, Pacitan, Kota Batu, Kediri, Tranggalek.

“Kalai Sidoarjo masih belum karena masih dinamika, Pasuruan, Lamongan, Gresik, masih belum ya, nanti ya didetailnya disebutkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sadiq menambahkan bahwa DPW PAN Jatim sanggat bangga dan bahagia kerjasama ini langsung dikunjungi oleh Ketua DPD Demokrat Emil Dardak serta pengurusnya.

“Karena sebagai mas Emil selaku wakil gubernur. Partai yang lebih besar dari PAN dari jawa timur bersedia berkunjung disini itu adalah kehoramatan dan kebanggan buat kami pan jatim. Mudahan mudahan ini bisa menjadi kerjasama berkelanjutan,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD Demokrat Jatim Emil Dardak menyebut pihaknya sangat terhormat bisa kembali berjuanh bersama dengan PAN untuk Pilkada Jatim.

Meski kerjasama setengah daerah di Jatim, ia menilai masih banyak yang masih kosong untuk kerjsama. Ada sebagian yang hampir kecocokan.

“Mari ini menjadi sebuah proses demokrasi di mana kita nggak melihat kompetitor sebagai musuh tapi sebagai mitra demokrasi mitra bertanding,” pungkasnya.

Baca Juga: PAN Hanya Keluarkan Surat Tugas untuk Eri Cahyadi, Ini Alasannya

Editor : Ading