Senin, 15 Jul 2024 04:13 WIB

Eri Cahyadi Sumbang Sapi ke Golkar, Arif Fathoni: Politik Kesampingkan Dulu

  • Reporter : Ade Resty
  • | Senin, 17 Jun 2024 11:53 WIB
Eri Cahyadi sumbang sapi ke Golkar Surabaya

Eri Cahyadi sumbang sapi ke Golkar Surabaya

selalu.id - Bakal Calon Wali Kota (Bacawalkot) menyumbang satu ekor sapi untuk berkurban di Hari Raya Idul Adha kepada DPD Golkar Surabaya

Ketua DPD Golkar Surabaya Arif Fatoni mengatakan bahwa pihaknya telah menerima sumbangan hewan kurban dari Eri Cahyadi yang merupakan Bacawali usungan partainya yang juga telah mendapat surat tugas dari DPP partai Golkar untuk meningkatkan elektabilatas dalam menyongsong Pilkada Surabaya.

Sapi berukuran besar dan berwarna coklat bertuliskan wali kota tersebut diterima oleh kader DPD Golkar Surabaya pada Minggu, 16 Juni 2024 malam di kantor DPD Golkar Surabaya.

"Hampir tiap tahun beliau beliau selalu menitipkan hewan kurbannya ke Partai Golkar Kota Surabaya untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat sekitar," kata Arif, Senin (17/6/2024).

Arif menyebutkan, selain dari para kader sendiri ada dari luar kader Partai Golkar, yakni Walikota Surabaya Mas Eri Cahyadi yang setiap tahun menitipkan hewan kutbannya kepada Partai Golkar Kota Surabaya.

Arif yang juga Ketua Komisi A DPRD Surabaya ini mengungkapkan bahwa alasan Eri Cahyadi masih menitipkan hewan kurbannya ke Partai Golkar ditengah dinamika politik pemilukada adalah dirinya ingin menjadi pribadi yang bisa bermanfaat kepada orang lain.

"Mas Wali yang selalu ceria ini menjawab dengan lugas, sebagaimana sampean, saya juga ingin melalui Partai Golkar bisa mencari tabungan amal jariyah kelak diyaumil akhir melalui kerja-kerja yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, apalah artinya berpolitik kalau tidak bisa menjadikan politik sebagai jembatan pribadi yang Anfauhum Linnas. Urusan dinamika politik pemilukada dikesampingkan dulu agar hubungan kekerabatan yang selama ini terjalin tidak terkurangi kadar keikhlasannya," tutur Arif.

"Inilah intisari jawaban Mas Wali atas rasa sungkan kami yang setiap tahun diberikan titipan hewan kurban untuk dibagikan kepada masyaraka," timpa Arif.

Sementara itu,  DPD Golkar Surabaya lebih memilih untuk melakukan prosesi penyembekihan hewan kurban di kantor DPD jalan Adityawarman pada esok (18/06/2024) lantaran ingin merasakn mementum korban secara khidmat dan penuh rasa gotong royong diantara kader.

"Kami ingin dengan proses penyembelihan hewan kurban di kantor Golkar Surabaya jalan Adityawarman semua kader dan pengurus bisa mendapat pahala karena telah mengorbankan waktunya untuk bergotong royong memotong dan mendistribusikan daging hewan kurban kepada penerima yang berhak, jadi bukan hanya penyumbang hewan kurban saja yang dapat pahala, kader juga bisa ikutan mendapatkan pahala dengan membantu proses tersebut," kata Arif.

Meskpiun demikian, Arif memastikan bahwa pihaknya tetap menjaga higienitas daging hewan kurban sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh RPH, termasuk menjaga kebersihan lingkungan selama proses penyembelihan dan pemotongan dagingnya.

Arif juga tak menampik jika ada yang menyarankan agar proses penyembelihan hewan kurban dilakukan di Rumah Potong Hewan ( RPH) yang merupakan BUMD milik Pemkot Surabaya.

"Mengingat ini hanya momen sekali dalam setahun, kami ingin melihat proses guyub rukun kader dan pengurus Partai Golkar di Kota Surabaya dalam momen Idul Adha kali ini," pungkasnya.

Diketahui, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Surabaya berkurban sebanyak 4 ekor sapi dan belasan ekor kambing kurban.

Hewan kurban tersebut merupakan amanah dari bebera kader partai Golkar diantaranya Anggota DPR RI yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Kanda Ir H Adies Kadir, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jawa Timur yang juga Bendahara DPD Partai Golkar Jawa Timur Kanda Blegur Prijanggono, Fraksi Partai Golkar DPRD Surabaya yang dkomandoi Ketua Fraksi Bu Pertiwi Ayu Krishna. Serta kambing dari Dik aldi Blaviandy dan Mbak Dewi Wati Agustini.

Baca Juga: Potong 15 Sapi, PDIP Surabaya: Idul Adha Momen Perkuat Spiritual dan Semangat Berkurban

Editor : Ading