Rabu, 22 Mei 2024 03:37 WIB

Cegah Demam Berdarah, PPIH Embarkasi Surabaya Lakukan Fogging

  • Reporter : Ade Resty
  • | Rabu, 15 Mei 2024 11:13 WIB
Foto: fogging di Asrama Haji Embarkasi Surabaya

Foto: fogging di Asrama Haji Embarkasi Surabaya

selalu.id - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya rutin melakukan fogging di komplek Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) guna mencegah penyakit demam berdarah dan untuk melindungi jemaah haji.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Abdul Haris menjelaskan, kegiatan fogging yang dilaksanakan oleh tim BBKK dimulai sepekan menjelang kedatangan jemaah.

Baca Juga: Pesawat Putar Balik Turunkan Satu Jemaah Haji di Surabaya, Ini Penyebabnya

"Hari ini, Selasa (14/5) adalah hari keempat jemaah haji masuk asrama, tim fogging rutin seminggu sekali melakukan fogging asrama," terang Husnul.

Fogging efektif dilakukan pada pagi hari karena pada saat tersebut, nyamuk dalam keadaan resting setelah semalam beraktifitas.

"Fogging dilakukan di pagi hari, saat nyamuk resting istirahat, setelah semalaman mereka beraktifitas," tambahnya.

Karena masih terdapat jemaah di AHES, maka fogging dilakukan di beberapa ruang yang jauh dari jangkauan jemaah termasuk di selokan/saluran drainase, serta semak-semak.

Baca Juga: Kisah Supiyah, Tukang Pijat yang Menabung 43 Tahun untuk Naik Haji

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah ini berharap, melalui fogging ini, jemaah haji bisa merasa nyaman dan aman di asrama haji tanpa ada gangguan nyamuk apalagi terjangkit demam berdarah.

Memasuki hari keempat masa operasional haji, AHES telah melepas ke tanah suci sejumlah 5.193 orang atau sekitar 13% dari total 39.226 orang.

“Alhamdulillah, hingga tanggal 14 Mei ini kita telah melepas 14 kloter dari total 106 kloter,” ujar Haris.

Baca Juga: 9 Jemaah Haji Kloter 1 Surabaya Terindikasi Covid-19, 1 Orang Dilarikan ke RS

Kloter yang berangkat hari ini adalah kloter 11, 12, 13, dan 14. Ia juga menjelaskan ada 8 orang yang sementara ini masih tertunda keberangkatannya di AHES, dengan rincian 2 orang sakit dan 2 orang pendamping yang berasal dari kloter 7, 1 orang sakit dari kloter 8, 1 orang sakit dari kloter 12, 1 orang sakit dan 1 orang pendamping dari kloter 14.

Sementara itu, kloter 15 yang merupakan jemaah dari Kabupaten Pacitan dan Kota Surabaya telah datang di AHES hari ini pada pukul 08.00 WIB dan ketika tulisan ini dirilis pada pukul 22.30, para jemaah tengah melaksanakan proses pemberangkatan di Hall Musdalifah.

Editor : Ading