Rabu, 22 Mei 2024 03:45 WIB

Tak Lolos Jadi Bacawalkot Independen Pilwali Surabaya, Asrilia Tetap Legowo

  • Reporter : Ade Resty
  • | Rabu, 15 Mei 2024 11:08 WIB
Foto: Asrilia Kurniati

Foto: Asrilia Kurniati

selalu.id - Asrilia Kurniati menyebut dirinya tidak bersedih dan tetap legowo meski perjuangan untuk menjadi Bakal Calon Wali Kota Surabaya (Bacawalkot) jalur indenpenden gagal, karena tidak lolos syarat dukungan dari KPU.

"Tidak ada kata sedih bagi Asrilia Kurniati yang penting tetap bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Tidak lolos tidak apa-apa," kata Asrilia, saat konferensi pers di posko pemenangannya, Surabaya, Selasa (15/4/2024) kemarin.

Baca Juga: Dua Calon Pasangan Independen Pilwali Surabaya Ditolak KPU

Meski gagal masuk sebagai peserta Pilkada Surabaya 2024, Asrilia menyampaikan seluruh kegiatan sosial tetap dilaksanakan, seperti pemberdayaan ekonomi dan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Sebab, kata dia, hal itu merupakan aktivitas yang sudah rutin dilaksanakannya sebelum mencalonkan diri sebagai bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Surabaya 2024.

"Memang banyak orang yang belum mengetahui tetapi dulu saya juga pernah terjun langsung waktu gempa di Palu dan banyak peristiwa lainnya," ujarnya.

Asri menambahkan sebagai seorang manusia, aspek sosial tidak boleh hilang. Memberikan kebermanfaatan bagi seluruh masyarakat adalah komitmen yang harus dijaga.

Baca Juga: Dua Calon Pasangan Independen Pilwali Surabaya Ditolak KPU

"Jangan lelah berbuat baik, apalagi kalau punya rezeki yang cukup. Berkegiatan sosial itu tidak perlu menjadi pejabat," tuturnya.

Sebelumnya, pasangan calon independen Pilwali Surabaya yakni Asrilia Kurniati bersama Satria Wicaksono mendaftarakan diri sebagai bakal calon kepala daerah dari jalur perseorangan dengan menyerahkan syarat dukungan ke Kantor KPU Kota Surabaya, pada Minggu (11/5/2024) lalu.

Namun, dokumen yang diserahkan dikembalikan karena jumlah dukungan tidak sesuai dengan batas manimal yang dipersyaratkan.

Baca Juga: Asrilia-Satrio, Jebolan Hipmi yang Daftar Pilwali Surabaya Jalur Independen

Berdasarkan data KPU Kota Surabaya, pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Asrilia Kurniati-Satria Wicaksono memiliki 1.106 dukungan. Sedangkan syarat minimalnya adalah 144.209 dukungan.

Batas terendah dukungan ditentukan adalah 6,5 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Surabaya sebesar 2.218.586 jiwa.

Editor : Ading