• Loadingselalu.id
  • Loading

Minggu, 19 Mei 2024 00:20 WIB

Terkoneksi dengan Khofifah, Hendro Gunawan Dianggap Berpeluang Ikut Pilwali Surabaya

Selalu.id - Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Surabaya Hendro Gunawan diisukan akan diusung maju bakal calon kepala daerah (Bacakada) untuk Pilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2024 oleh Partai Gerindra.

Sejumlah pengamat pun menilai sosok Hendro yang pernah menjadi Sekda Surabaya dua periode di era Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini itu, disebut layak maju sebagai calon Wali Kota Surabaya.

Baca Juga: Tokoh PWNU Ini Berpotensi Diusung PKB Maju Pilgub Jatim

Hal itu disampaikan direktur WE Institut Sugeng Siswanto. Ia mengatakan Hendro pantas maju Pilwali, karena mempunyai pengalaman sebagai Sekda di Kota Pahlawan. Ia juga tercatat pernah menjadi tim ahli Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan saat ini menjabat sebagai Kepala Inspektorat Pemprov Jatim. 

“Pengalaman pak Hendro sebagai sekda Surabaya dari mulai zaman Risma dan juga menjadi tim ahli gubernur Khofifah, memang layak dan pantas diajukan sebagai calon walikota Surabaya,” kata Sugeng, kepada selalu.id, Minggu (12/5/2024).

Sugeng mengaku yakin dengan diusungnya Hendro Gunawan oleh Gerindra, akan dapat menguntungkan posisi Khofifah yang bertarung kembali di Pilgub Jatim.

“Bu Khofifah akan mendapat keuntungan jika pak Hendro betul bisa maju. Karena pak Hendro adalah gerbong bu Khofifah. Jadi antara Khofifah dan Hendro bisa simbiosis mutualisme,” lanjut Sugeng.

Baca Juga: Begini Tanggapan Emil Dardak Terkait KIM Usulkan Nama Lain untuk Pendamping Khofifah

Kelebihan Hendro lagi, lanjut Sugeng, merupakan sosok yang memiliki rekam jejak baik dan cenderung menjalin hubungan yang dekat dengan anggota DPRD Surabaya.

Hal senda yang juga disampaikan Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdusallam. Hendro yang sekarang menjadi Inspektorat Pemprov Jatim, punya peluang untuk dicalonkan untuk Pilwali Surabaya.

Surokim menilai bahwa birokrat merupakan profesional yang selain mempunyai pengalaman organisasi publik, juga unggul memahami detail birokrasi pemerintahan. Sehingga mereka cenderung memahami peta politik.

Baca Juga: Asrilia-Satrio, Jebolan Hipmi yang Daftar Pilwali Surabaya Jalur Independen

Namun Hendro yang saat ini berada di dalam lingkaran mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa periode 2019-2024 ini, butuh sosok Khofifah yang menjadi strategi kuat untuk mendongkrak potensi suara Pilkada.

“Ya itu menjadi tantangan pak Hendro dan butuh strategi untuk mengelola potensinya menjadi kekuatan yang bisa dikonversi menjadi suara di pilkada,” pungkasnya.

Editor : Redaksi