• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 11:10 WIB

Pencuri Ponsel Tamu di Rumah Khofifah Dibekuk Polisi

Foto: Pencuri di rumah Khofifah dibekuk petugas

Foto: Pencuri di rumah Khofifah dibekuk petugas

selalu.id- Terjadi pencurian di rumah mantan mantan Gubernur Jawa Timur Periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa yang berada di wilayah Jemursari, Surabaya.

Aksi pencurian itu terjadi saat momen open house halalbihalal digelar. Kapolsek Wonocolo, Kompol M Sholeh  mengatakan, pencuri atau copet itu bernama Mardjuki (50) warga Jalan Semut Gang Semprong, Bongkaran, Pabean Cantikan, Surabaya.

Kompol Sholeh menyampaikan bahwa tersangka menyamar sebagai warga biasa yang ikut halalbihalal. Ia lantas mendekati korbannya Firda Ayu Yulianti (25) warga Morokrembangan untuk mencopet handphone yang disimpan di tas.

“Pencopetan terjadi pada saat open house di kediaman Khofifah mantan Gubernur Jatim. Begitu beliau mengadakan open house, pelaku mengambil kesempatan pada orang-orang yang melaksanakan halalbihalal,” kata Sholeh, Senin (6/5/2025).

Aksinya lantas ketahuan anggota Polsek Wonocolo yang berjaga di lokasi. Setelah diamankan, Mardjuki lantas digelandang ke kantor Polsek Wonocolo untuk menjalani pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan polisi, tersangka memang sudah merencanakan akan beraksi di rumah mantan Gubernur Jatim Khofifah. Ia sudah berhitung keramaian dan kelengahan orang-orang.

“Tersangka sengaja menggunakan momen halal bihalal di hari Idulfitri, karena pada saat itu, banyak orang yang melaksanakan halal bihalal pelaku mengambil dari korban yang sedang ikut halal bihalal,” ucapnya.

Dalam melakukan kejahatannya, Mardjuki hanya beraksi sendirian. Ia disebut sebagai spesialis copet handphone di berbagai konser yang terselenggara di Surabaya.

Dari rekam jejaknya, dia ternyata sudah pernah dipenjara karena kasus yang sama.

Pengakuan tersangka, ini adalah kali pertama dia mencopet di rumah Khofifah. Acara itu diketahuinya melalui media sosial.  Dia melakukan hal itu untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“Baru sekali di rumah Khofifah. Ya untuk cari makan. Iya saya tahu ada halalbihalal, karena disiarkan di medsos,” kata Mardjuki.

Baca Juga: TKD Jawa Timur Bersiap Dukung Khofifah Jika Maju Pilgub Jatim

Editor : Ading