Rabu, 22 Mei 2024 01:45 WIB

SIER Dukung Riset Mobil Hemat Energi Nogogeni Karya Mahasiswa ITS

  • Reporter : Redaksi
  • | Sabtu, 04 Mei 2024 20:13 WIB
Foto: SIER dan ITS kembangkan Nogogeni

Foto: SIER dan ITS kembangkan Nogogeni

selalu.id - PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya mengembangkan Nogogeni.

Nogogeni merupakan mobil berkonsep hemat energi berbahan bakar etanol dan mobil balap listrik, yang telah menjuarai sejumlah kompetisi kontes mobil hemat energi. Saat ini, Nogogeni mengikuti Pameran kendaraan listrik terbesar se Asia Tenggara Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat,

Baca Juga: SIER Siap Dukung Integrasi Sistem Teknologi Holding BUMN Danareksa

Direktur Utama (Dirut) PT SIER, Didik Prasetiyono menuturkan, konsep mobil seperti Nogogeni ini yang sangat dibutuhkan di masa mendatang. Tidak hanya hemat energi, tapi juga ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar etanol.

“Semangat Nogogeni yang ingin menciptakan kendaraan ramah lingkungan dan hemat energi ini, sejalan dengan prinsip SIER yang diejawantahkan dalam tagline Green, Modern and Integrated dalam mengelola kawasan industri,” kata Didik, saat dikonfirmasi, Sabtu (4/5/2024).

Kendaraan yang menggunakan etanol, lanjut Wakil Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) ini, dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan ketergantungan pada minyak bumi serta meningkatkan keberlanjutan energi.

“Karya mahasiswa ITS yang menciptakan Nogogeni ini harus terus didukung agar ke depan Indonesia mampu menciptakan kendaraan ramah lingkungan sendiri. Karena ke depan isu lingkungan ini sangat sensitif di tengah perubahan iklim yang sangat ekstrim,” tandasnya.

Non Technical Manager Nogogeni ITS Team, Yufi Rizky Amalia menjelaskan, Nogogeni ITS Team adalah tim riset mobil hemat energi di ITS. Nogogeni sendiri memiliki banyak risetan, seperti mobil urban listrik, mobil urban etanol, dan motor listrik.

Baca Juga: Dirut SIER Ajak Masyarakat Kawal Pemilu 2024 dari TPS Masing-masing, Begini Carannya

“Dari hasil risetan kami, Nogogeni memiliki harapan untuk tetap bereksistensi pada ajang perlombaan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024, dengan mempertahankan juara 1 pada kategori urban listrik yang sudah 5 tahun berturut-turut serta meraih juara 1 pada kategori urban etanol. Selain itu, kami juga akan terus melakukan riset untuk mempersiapkan perlombaan Internasional,” kata Rizky.

Saat ini, lanjutnya, Nogogeni ITS Team memiliki anggota sebanyak 41 mahasiswa yang terdiri dari berbagai jurusan di ITS. Seperti Teknik Mesin Industri, Studi Pembangunan, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Fisika, Kimia, Statistika, Desain Produk, dan jurusan lainnya.

Terkait acara PEVS 2024, Rizky menjelaskan, acara ini diadakan PT Dyandra Promosindo, yang merupakan acara pameran kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara. Acara dilaksakan pada 30 April - 5 Mei 2024, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Baca Juga: Audiensi dengan Kementerian ATR/BPN, HKI: Menteri Hadi Tjahjanto Komitmen Bantu Persoalan Pertanahan di Kawasan Industri

“Tahun 2024 ini, Nogogeni ITS Team bangga menjadi sebagai salah satu peserta pameran kendaraan listrik terbesar se Asia Tenggara ini. PEVS 2024 diikuti oleh berbagai merek mobil dan motor listrik ternama, serta perusahaan produsen pendukung otomotif listrik dari dalam dan luar negeri. Dari kategori kendaraan listrik terdapat merek-merek seperti BMW, BYD, Chery, Hyundai, MAB, MG, Neta, Seres, Tesla (Prestige Image Motorcars), dan Wuling,” ungkapnya.

PEVS 2024 ini juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo, bersama Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko yang juga merupakan Ketua Umum Periklindo, Direktur PT Dyandra Promosindo Dr Dazwar Marpaung, Rudy Salim, Fitra Eri, Motomobi, dan para influencer otomotif.

“Nogogeni ITS Team mengucapkan banyak terima kasih atas dukunganya PT SIER, sehingga dapat meningkatkan risetan kami serta secara tidak langsung juga SIER mendukung inovasi anak bangsa, serta mendukung electrical vehicle yang ramah lingkungan di Indonesia,” pungkasnya.

Editor : Ading