Rabu, 19 Jun 2024 23:43 WIB

XL Axiata Alami Peningkatan Trafik Selama Libur Lebaran 2024

Foto: XL Axiata

Foto: XL Axiata

selalu.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, pada periode 4 April 2024 - 14 April 2024 di Jawa Timur.

Data dari Customer Experience & Service Operation Center di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data secara rata-rata di seluruh Jawa Timur sebesar 15 persen dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Lonjakan trafik tertinggi terjadi di Banyuwangi, yaitu mencapai 64 persen. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengungkapkan rasa syukurnya bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini. Pihaknya sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan. Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem.

"Seperti yang sudah kami prediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan. Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16 persen. Selain itu, kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (19/4/2024).

Sementara itu, Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan, kenaikan trafik secara rata-rata di Jawa Timur ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran. "Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan," ungkapnya.

Data kenaikan trafik XL Axiata tertinggi di wilayah Jawa Timur selama periode Lebaran 2024, diantaranya Banyuwangi sebanyak 64 persen, Nganjuk 38 persen, Sampang 37 persen, Jember 35 persen, Bangkalan 33 persen, Kediri 25 persen, Tuban 24 persen, Malang 24 persen, serta Pamekasan 24 persen dan Sumenep yang mencapai 16 persen.

Sejumlah lokasi tujuan wisata popular di Jawa Timur juga mengalami kenaikan trafik antara 30 hingga 205 persen seiring dengan bertambah ramainya pengunjung di sepanjang libur Lebaran. Demikian pula di sejumlah bandar udara dan pelabuhan kapal laut, juga mengalami kenaikan antara 15 hingga 48 persen. Kenaikan trafik juga terjadi sepanjang Tol Trans Jawa yang telah menjangkau sejumlah kota, yaitu secara rata-rata mengalami kenaikan trafik hingga 140 persen.  

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59 persen, disusul oleh web browsing sebesar 18 persen dan social media 15 persen.

Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135 persen, YouTube naik 17 persen, TikTok 14 perseen, Netflix naik 42 persen dan Spotify naik 23 persen.

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59 persen. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25 persen dan Meta (Facebook) 15 persen. Sementara itu web browsing naik 20 persen dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650 persen.

Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154 persen dibanding hari normal.

Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan terlihat mengalami penurunan pada saat Lebaran dibanding hari biasa, yaitu turun hingga sebesar 7 persen. Penurunan trafik di Jabodetabek ini sesuai dengan tingginya tingkat perpindahan lokasi pelanggan selama periode Lebaran. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 30 persen.

"Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahan 94 mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan," tukasnya.

Baca Juga: Buruan! 16 Ribu Tiket Arus Balik Kereta Api Masih Tersedia hingga 21 April

Editor : Ading