• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 11:12 WIB

GM PLN Tinjau SPKLU Jawa Timur, Pastikan Beroperasi Maksimal saat Momen Mudik

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jawa Timur

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jawa Timur

selalu.id - PT PLN (Persero) PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur telah mempersiapkan 126 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tersebar di 56 lokasi di seluruh Jawa Timur dalam libur Idul Fitri 1445 Hijriah. SPKLU tersebut disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan listrik yang melakukan perjalanan mudik.

Setelah sebelumnya meninjau kesiapan SPKLU di Rest Area KM 725 A Tol Mojokerto - Surabaya (8/4/2024), di hari yang sama General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo juga melakukan peninjauan kesiapan SPKLU non rest area di SPKLU PLN Embong Wungu bersama Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Ditjen Gatrik ESDM) guna memastikan fungsionalitas SPKLU yang sudah dipasang.

Baca Juga: Datangkan Marina Markova, Jakarta Electric PLN Perkuat Lini Serang

"Kami tidak hanya memastikan kesiapan SPKLU yang terdapat pada rest area yang digunakan oleh para pemudik, tapi kami juga melakukan pengecekan pada SPKLU non rest area seperti yang ada di SPKLU PLN Embong Wungu ini. Hal ini tentu dilakukan untuk memastikan SPKLU non rest area juga beroperasi optimal untuk para pengguna dalam kota yang tidak mudik atau pemudik yang sudah tiba di kampung halamannya. Kami ingin semua yang menggunakan kendaraan listrik bisa melakukan perjalanan kemana pun dengan aman dan nyaman," kata Agus kepada selalu.id saat dihubungi, Jumat (12/4/2024).

Sementara itu, tercatat sepanjang tanggal 1 hingga 9 April 2024 telah dilakukan sebanyak 687 transaksi pada seluruh SPKLU di Jawa Timur dengan total energi yang digunakan sebanyak 13.819 kWh atau setara dengan Rp 34.087.912. Hal ini menunjukkan kenaikan 215 persen dibanding jumlah transaksi masa non mudik dan libur Lebaran 2024.

Khusus momen lebaran ini, PLN juga menyiagakan petugas yang berjaga 24 jam untuk membantu para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik saat melakukan pengisian daya di SPKLU.

Baca Juga: PLN dan WRI Indonesia Berkolaborasi Hadirkan Produk Hijau

PLN juga terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya diwujudkan dengan penambahan fitur pada Aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik semakin nyaman dalam melakukan perjalanan jarak jauh.

"Bagi masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan listrik sekarang semakin nyaman. PLN sudah menyiapkan manajemen perjalanan mobil listrik dengan fitur Trip Planner di aplikasi PLN Mobile. Lewat menu Trip Planner, pemudik bisa mengatur titik berangkat dan titik tujuan. Secara otomatis, PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut," kata Agus.

Apabila masyarakat membutuhkan layanan pengisian daya darurat ataupun bantuan lain terkait SPKLU, bisa dengan menekan tombol pop up hotline SPKLU yang langsung terhubung pada nomor whatsapp customer service pada aplikasi PLN Mobile versi terbaru.

Baca Juga: Telkomsel Klaim Bangun Kesadaran Literasi Digital 1000 Pelajar dan Guru

Arinta Ratih Nurindah warga Surabaya, salah satu pemilik kendaraan listrik mengapresiasi pelayanan pada SPKLU PLN Embong Wungu.

"Saya sudah menggunakan mobil listrik selama 1,5 tahun untuk mobilitas di kota Surabaya. Saya kaget masuk kesini tenyata EV Loungenya bagus banget bahkan ada kursi pijat. Selama ini saya melakukan charge di SPKLU dengan bantuan aplikasi PLN Mobile untuk mengetahui lokasi dan kemampuan SPKLU," ungkap Arinta.

Editor : Arif Ardianto