Rabu, 22 Mei 2024 02:31 WIB

Agrowisata Lansia jadi Taman Rekreasi Favorit Warga Usia Lanjut

  • Reporter : Redaksi
  • | Selasa, 09 Apr 2024 11:42 WIB
Foto: Agrowisata Lansia

Foto: Agrowisata Lansia

selalu.idAgrowisata Lansia di Sentra Terpadu Pangudi Luhur (STPL) Bekasi yang telah diresmikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini pada Februari  2021 lalu ini menjadi spot favorit para kakek dan nenek yang tinggal di sekitar Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi untuk rehat sejenak menghirup udara segar.

Agrowisata Lansia ini merupakan salah satu lahan hijau ramah lansia yang ada di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi dengan luas sekitar 3.620 meter persegi. Di dalamnya, terdapat banyak fasilitas menarik antara lain batu pijat kaki, taman burung, saung rehat, kolam ikan, serta tanaman dan pepohonan.

Tak hanya sebagai penyejuk lingkungan saja, agrowisata ini berfungsi untuk memberikan aktivitas produktif bagi penerima manfaat lansia yang menghuni STPL Bekasi. Salah satunya Pak Sugiarno (74) yang memilih menyibukkan diri dengan kegiatan ternak lele yang ada di Agrowisata Lansia.

“Saya disini sudah dua  bulan, saya disini lebih baik dan betah karena diberi kesibukan ternak lele, karena sebelumnya saya hidup di luar seperti tak menentu, kalau sekarang kan sudah tercukupi disini,” jelasnya.

Sejak di STPL , Pak Sugiarno diberikan amanah untuk merawat 1.500 bibit lele yang diberi makan dua kali dalam sehari.

Lain halnya, Ibu Musriyati (79) memilih menyibukkan diri menanam kangkung dan cabai. Meskipun hanya sesekali menyiram dan memetik hasilnya, Ibu Musriyati merasa senang masih bisa beraktivitas di masa tuanya.

“Di agrowisata lansia ini aktifitasnya bersih-bersih, menanam singkong, serta panen kangkung. Saya terima kasih sudah diizinkan tinggal di STPL. Saya  diperhatikan, pegawainya baik-baik, pelayanannya juga sudah baik,” jelasnya.

Agrowisata Lansia ini dibuka juga untuk umum mulai pukul 08.00 s.d. 17.00. Di dalamnya, agrowisata ini memiliki lahan untuk tanaman produktif seperti ubi jalar, singkong, jeruk, cabai, daun kelor, dan mangga. Aktivitas menanam berbagai macam tanaman tersebut juga menjadi penghilang penat dan pengisi waktu luang yang bisa dimanfaatkan bagi para lanjut usia yang masih memiliki kesehatan fisik dan mampu beraktivitas.

Baca Juga: Kisah Sukses Made Suliati, Penerima PKH di Bali dengan Berdagang Canang

Editor : Ading