• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 10:54 WIB

KAI Daop 8 Surabaya Kerahkan Ratusan Personel Amankan Mudik Lebaran 2024

Foto: Pengamanan KAI DAOP 8 Surabaya

Foto: Pengamanan KAI DAOP 8 Surabaya

selalu.id - KAI Daop 8 Surabaya mengerahkan ratusan personel sekaligus petugas untuk menjaga dan siap memberi pelayanan di masa momen angkutan mudik lebaran.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif  mengatakan sebanyak 581 personel siap mengamankan operasi masa angkutan lebaran. Terdiri dari 134 Polsuska, 378 security, serta 69 eksternal (TNI/Polri).

“Untuk KAI hari ini membuka angkutan lebaran posko dimulai 5-16 selama 12 hari, kami siapkan
segala sumber daya untuk melayani penumpang secara maksimal,” kata Luqman, usai Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2024, di Halaman Kantor Daop 8 Surabaya, Jumat (5/4/2024))z

Luqman menyampaikan, Daop 8 Surabaya juga mengerahkan personel di mitigasi gangguan perjalanan KA di periode Angkutan Lebaran ini di sebanyak 9 daerah perhatian khusus.

“Kami mengerahkan 98 personel ekstra yang terdiri dari 41 petugas pemeriksa jalur ekstra, 30 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan 27 petugas daerah pemantauan khusus,” jelasnya.

Lebih lanjut Luqman menambahkan  pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya.

Ia pun memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat, serta meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.

Di samping itu, KAI Daop 8 Surabaya telah memastikan keandalan sarana dengan melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan maupun kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima.

“Sebanyak 59 lokomotif dan 451 gerbong kereta, dan 16 KRD siap dioperasikan guna memberikan layanan terbaik bagi pelanggan KAI,” pungkasnya.

Baca Juga: Taman Kenjeran Surabaya Dipadati Pengunjung selama Libur Lebaran

Editor : Ading