Sabtu, 20 Jul 2024 20:45 WIB

Komisi X DPR RI Dorong Percepatan Perbaikan Fasilitas Stadion Delta Sidoarjo

Foto: Anggota Komisi X DPR RI, Zainuddin Maliki

Foto: Anggota Komisi X DPR RI, Zainuddin Maliki

selalu.id - Komisi X DPR RI menyuarakan untuk segera merealisasikan perbaikan sarana prasarana stadion-stadion di Indonesia dengan standar FIFA, terutama dalam menghadapi situasi darurat seperti kerusuhan atau kebakaran.

Mereka menegaskan bahwa sarana dan prasarana yang ada harus dipersiapkan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan kemudahan dalam mengantisipasi situasi darurat tersebut, termasuk menyediakan pintu akses evakuasi yang memadai.

"Misalnya pintu akses evakuasi ini, Ingin memastikan apakah itu sudah disiapkan, tapi pelaksanaannya memang masih perlu kita lihat. Misalnya mobil ambulans bisa masuk kemudian mobil pemadam kebakaran juga bisa masuk, kemudian proses dengan pintu masuk yang ada itu bisa diukur berapa jumlah penonton yang bisa masuk dalam waktu tertentu," ujar Anggota Komisi X DPR RI, Zainuddin Maliki dalam keterangan tertulis yang diterima selalu.id, Senin (18/3/2024).

Selain itu, lanjut Zainudin Maliki menjelaskan, keberhasilan penyelenggaraan event internasional ini menjadi bukti konkret bahwa investasi dalam pembangunan stadion yang memenuhi standar FIFA memiliki dampak positif yang signifikan.

Selain memberikan sarana yang representatif untuk pertandingan olahraga, stadion yang memadai juga mampu menarik event internasional yang besar dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

"Saya membayangkan dengan event internasional pertama kali yang mengundang penonton dalam jumlah yang luar biasa dan itu dua kali lipat dari kapasitas setelah direnovasi, nah ini tentu harus dilakukan langkah-langkah antisipasi antara lain memberikan sarana layar lebar di luar stadion dalam jumlah yang cukup sehingga kemudian bisa mengurangi kemungkinan-kemungkinan penonton yang memaksakan diri," ujarnya.

Meski begitu, dirinya berharap agar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dapat memantau dan mengawasi proses renovasi stadion dengan cermat, sehingga Stadion Delta Sidoarjo dapat menjadi simbol kebangkitan olahraga di Indonesia. Langkah-langkah antisipasi juga diperlukan, seperti menyediakan layar lebar di luar stadion untuk mengurangi tekanan penonton.

Dengan renovasi stadion yang memadai, diharapkan klub-klub sepak bola di Sidoarjo dapat melahirkan pemain-pemain berkualitas yang dapat bersaing baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

"Kami berharap memberikan semangat mereka dan melahirkan pemain-pemain bola yang tidak hanya berkapasitas atau prestasi regional tapi juga nasional dan internasional dari Sidoarjo," tutupnya.

Baca Juga: Antara Bupati atau DPR RI, Ini Jawaban BHS

Editor : Ading