Sabtu, 20 Jul 2024 20:24 WIB

11 Orang Petugas KPPS dan Linmas Meninggal saat Pemilu 2024 di Jatim, Begini Penjelasan KPU

  • Reporter : Ade Resty
  • | Minggu, 18 Feb 2024 11:49 WIB
Pemilu 2024

Pemilu 2024

selalu.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat sebanyak sembilan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan dua petugas Linmas TPS di Jawa Timur dilaporkan meninggal dunia dalam Pemilu 2024.

Komisioner Divisi SDM dan Litbang KPU Jatim, Rochani mengatakan, data tersebut merupakan hasil komulatif hingga Jumat (16/2/2024) lalu.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Komentari Kasus Asusila Ketua KPU RI

"Sembilan KPPS dan dua Linmas TPS ya," ujar Rochani, Minggu (17/2/2024).

Richani merinci petugas KPPS di Kabupaten Banyuwangi yang meninggal berjumlah satu orang, Kabupaten Jember satu orang, Kota Malang satu orang, Kota Surabaya dua orang KPPS, Lamongan satu orang KPPS, Kabupaten Malang satu orang KPPS, Kabupaten Ponorogo dua orang KPPS. Sedangkan petugas Linmas TPS yang meninggal di Kota Madiun satu orang linmas, Kabupaten Tuban satu orang linmas. Ia membeberkan penyebab meninggalnya petugas KPPS itu karena ada beberapa faktor.

Misalnya petugas KPPS di Jember bernama Mustakim (53), yang meninggal karena tersetrum listrik mikrofon saat menyiapkan pelaksanaan pencoblosan di TPS 35 Desa Wringinagung pada Rabu (14/2).

Baca Juga: Coklit Pemilih Surabaya untuk Pilkada 2024 Sudah Berjalan 20 Persen

Kemudian, Danang Arya Saputra (20), petugas KPPS di Desa Ngendut, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, yang meninggal karena kecelakaan motor saat hendak melakukan rapat persiapan, Kamis (8/2), dan beberapa penyebab lainnya.

"Kalau dari kronologis kejadian masing-masing, memang ada beberapa faktor penyebab yang berbeda, misalnya kecelakaan kendaraan, terkena sengatan listrik saat cek sound, memiliki riwayat penyakit bawaan seperti diabet, hipertensi," ujarnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya saat ini masih terus melakukan pendataan terkait dengan petugas yang meninggal dunia dan sakit selama proses Pemilu 2024 ini.

Baca Juga: Inilah Daftar Nama Calon Anggota KPU Terpilih di 36 Kabupaten Kota Se Jawa Timur

"Sampai saat ini kami sedang melakukan monitoring kondisi kesehatan dan keselamatan jajaran penyelenggara Pemilu, khususnya KPPS dan Linmas TPS di seluruh Jatim," kata dia.

Selain itu, KPU Jatim juga tengah melakukan proses penyaluran santunan kepada ahli waris petugas yang meninggal dunia melalui badan adhoc.

Editor : Arif Ardianto