Rabu, 19 Jun 2024 23:52 WIB

Beredar Video Bocah Coblos Surat Suara Pilpres, Begini Tanggapan Bawaslu Jatim

  • Reporter : Ade Resty
  • | Kamis, 15 Feb 2024 19:15 WIB
Video beredar anak-anak mencoblos surat suara pemilu 2024

Video beredar anak-anak mencoblos surat suara pemilu 2024

selalu.id - Viral beredar video di media sosial memperlihatkan sejumlah anak-anak melakukan pencoblosan surat suara Pilpres 2024 di sebuah teras rumah.

Dalam rekaman video itu, tampak salah satu anak mencoblos dengan sebuah paku ke surat suara bergambar paslon nomor urut dua Prabowo-Gibran. Kemudian berapa orang lainnya bertugas melipat kembali surat suara tersebut.

Diduga kejadian itu berlangsung di Desa Pandan, Omben, Sampang, Madura, Jawa Timur. Menanggapi itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur sedang menulusuri video viral yang memperlihatkan sejumlah anak diduga mencoblos sejumlah surat suara Pilpres 2024.

Ketua Bawaslu Jatim, A Warits mengatakan pihaknya sementara menduga video tersebut terjadi di Sampang. Karena, dari percakapan anak-anak itu logat dan bahasanya terlihat berasal dari Madura.

“Itu saya masih minta supaya teman-teman Bawaslu (Sampang) itu kan diduga di Sampang, karena lokasinya juga tidak jelas, memang bahasanya Madura. Tapi itu perlu ditelusuri apa benar begitu adanya,” kata Warits, Kamis (15/2/2024).

Warits pun mengintruksikan pihak Bawaslu Sampang untuk melakukan penelusuran video viral itu. Namun, tidak menutup kemungkinan aksi anak-anak itu bisa saja terjadi di daerah Jatim lainnya.

“Sehingga saat ini memang masih dalam proses penelusuran oleh teman-teman Sampang. Karena logatnya dugaannya itu memang di Sampang walaupun bisa jadi bukan di Sampang,” pungkasnya.

Baca Juga: Bawaslu Surabaya Sebut Surat Suara Tertukar di 8 TPS

Editor : Ading