Sabtu, 20 Jul 2024 19:05 WIB

Dirut SIER Ajak Masyarakat Kawal Pemilu 2024 dari TPS Masing-masing, Begini Carannya

Direktur utama PT SIER Didik Prasetyono

Direktur utama PT SIER Didik Prasetyono

selalu.id - Direktur Utama PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), Didik Prasetiyono mendorong masyarakat agar bersama-sama ikut mengawasi Pemilu 2024 ini agar berjalan dengan jujur dan adil.

Melalui laman akun Instagramnya, Didik mengajak masyarakat untuk mengawasi Pemilu kali ini cukup dengan berbekal handphone saja. Dan kemudian menginstal aplikasi Kawalpemilu di Playstore.

Baca Juga: Dirut SIER Bagikan Tips Memupuk Kepemimpinan Adaptif ke Mahasiswa ITS

Situs Kawalpemilu.org saat ini memang hadir kembali untuk mengawal proses penghitungan suara Pilpres 2024. Ini adalah laman unggahan foto C.Hasil-PPWP atau C.Hasil Salinan-PPWP yang bisa diakses khalayak masyarakat selama masa Pemilu.

"Jangan takut karena hak memotret ada di Peraturan PKPU Nomor 25/2023 Pasal 59," terang Didik yang juga mantan anggota KPU Jawa Timur ini, Minggu (11/2).


Dikutip dari situs resminya, Kawalpemilu.org adalah inisiatif urun-daya (crowdsourcing) netizen Indonesia Pro Data yang berdiri sejak 2014 untuk menjaga suara rakyat di Pemilu melalui teknologi real count cepat dan akurat.

Kawalpemilu.org bertujuan memfasilitasi partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk mengawal pelaksanaan dan penghitungan hasil Pemilu di setiap TPS se-Indonesia melalui teknologi yang mudah dan andal. Nantinya, hasil tersebut akan ditampilkan secara real time sehingga memudahkan masyarakat memantau perhitungan suara.

Cara kerja dan ikut partisipasi Kawalpemilu.org.org

Kawalpemilu.org hadir untuk berkolaborasi dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengawasi penghitungan suara lewat platform itu. Kawalpemilu.org ingin menjadi tempat untuk mencocokan data dari TPS sampai tabulasi tingkat nasional.

Semakin banyak orang yang mengunggah foto dari TPS tersebut, semakin besar transparansi di TPS tersebut.

Baca Juga: Sisihkan 400 Perusahaan, SIER Raih Penghargaan ASEAN Risk Award 2024

Cara Kerja Kawalpemilu.org

1. Siapapun bisa memfoto hasil Pilpres dari TPS (C.Hasil-PPWP berisikan hasil akhir setiap paslon).

2. Kemudian login ke Kawalpemilu.org.org dan unggah foto tersebut, beserta angka hasilnya.

3. Moderator akan me-review foto, hasil suara, dan lokasi TPS yang diunggah.

Baca Juga: Dukung Revitalisasi Kota Lama Surabaya, SIER Beri Bantuan Becak Wisata Listrik

4. Hasil juga akan dicek ulang oleh sistem Kawalpemilu.org.

Kawalpemilu.org berprinsip bahwa data C.Hasil-PPWP merupakan hak publik untuk diketahui, sehingga publik bisa memonitor pergerakan perolehan suara di tiap Pemilu. Semakin banyak TPS yang foto C.HASIL-PPWP-nya tersedia di situs Kawalpemilu.org.org, semakin hasil tabulasi nasional akan mendekati hasil yang sahih.

"Tiap pengawas, saksi, dan bahkan warga masyarakat berhak mengambil foto lembar C.Hasil-PPWP setelah selesai penghitungan di TPS," imbuh Didik.

Kawalpemilu.org mengundang tiap anggota masyarakat, para saksi TPS, para pengawas Pemilu, dan juga semua anggota panitia KPPS dan tim sukses partai atau paslon untuk menyumbangkan foto C.Hasil-PPWP di tiap TPS yang mereka jaga.

Editor : Redaksi