Sabtu, 22 Jun 2024 22:18 WIB

Harga Telur Ayam Ras Melonjak Naik, Ini Penyebabnya

Telur ayam ras

Telur ayam ras

selalu.id - Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Surabaya kian terus melambung tinggi, khususnya telur ayam ras. Pasalnya, lonjakan harga pada telur ayam ras tersebut mengalami kenaikan signifikan menjelang perayaan Imlek tahun 2024.

Salah satu pemilik agen telur ayam ras di Surabaya, Chandra (44) mengungkapkan, bahwa kenaikan harga ini kerap kali terjadi seiring dengan meningkatnya permintaan menjelang perayaan Imlek pada awal bulan Februari.

Berdasarkan dari pantauan selalu.id, harga barang kebutuhan pokok di kota Surabaya terjadi kenaikan pada harga beberapa kebutuhan pokok, terutama telur ayam ras, yang naik hingga mencapai Rp28.000 - Rp29.000 per kg dibandingkan dengan minggu sebelumnya yang berada dikisaran Rp23.000 - Rp24.000 per kg.

"Harga telur ayam ras naik mas dari Rp24,500 per kilogram menjadi Rp28.500 per kilogramnya. Mungkin karena mau Imlek kali ya,!!" cetus Chandra kepada selalu.id saat di temui di salah satu kiosnya yang berada di Jl. Raya Menur Surabaya, Selasa (6/2/2024).

Kendati demikian, kenaikan ini tidak hanya dipicu oleh banyaknya permintaan telur ayam ras di pasaran karena saudara umat Tionghoa akan merayakan Imlek pada bulan Februari ini. Namun, adapun harga kacang kedelai yang notabenenya bahan baku utama pakan ayam yang naik.

"Selain faktor Imlek, juga bisa faktor pakan ayam tersebut yang menyebabkan kondisi telur ayam ini naik mas," tandasnya.

Baca Juga: Jelang Idul Adha Harga Cabai Meroket, Tomat dan Bawang Anjlok

Editor : Ading