• Loadingselalu.id
  • Loading

Minggu, 19 Mei 2024 00:17 WIB

Peduli UMKM, Pemkot Batu Dirikan Rumah Kemasan

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat mengunjungi rumah kemasan

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat mengunjungi rumah kemasan

Surabaya (selalu.id) - Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko resmikan Rumah Kemasan Sentra Industri Menengah Kota Batu, di Jl. Abdul Gani Atas, Senin (13/12). Rumah kemasan ini merupakan sentra bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Batu, untuk mendesain dan meredesain (mendesain ulang) kemasan produk.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu, Eko Suhartono mengatakan, Kota Batu merupakan Kota Pariwisata yang perkembangan UMKM-nya sangat luar biasa.

Baca Juga: SIER Siap Dukung Integrasi Sistem Teknologi Holding BUMN Danareksa

"UMKM di Kota Batu perkembangannya luar biasa, tetapi packaging-nya masih banyak yang belum mumpuni. Dengan adanya rumah kemasan ini, kita membantu UMKM untuk mendesain dan meredesain kemasannya sehingga punya daya saing," kata Eko.

Eko menambahkan, selain meningkatkan daya saing, packaging atau kemasan merupakan salah satu hal yang penting untuk menarik minat pembeli. Terlebih lagi ditengah era digitasisali dan revolusi industri 4.0 ini.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, menyampaikan apresiasi atas dibangunnya Rumah Kemasan Kota Batu.

Baca Juga: Kementerian BUMN Integrasikan Penyedia Logistik BUMN di PIER dan Teluk Lamong

"Saya mengapresiasi dengan adanya rumah kemasan. Dengan begitu, pelaku UMKM bisa membuat kemasan disini tanpa harus ke luar kota. Sehingga perhitungan biaya menjadi lebih ringan," katanya.

Wali Kota berpesan bahwa rumah kemasan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Tidak hanya menfasilitasi UMKM besar saja tetapi juga menfasilitasi UMKM kecil.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Dukung KPPU Cetak Sejuta Penyuluh Kemitraan UMKM

"Tetap semangat. Semoga UMKM di Kota Batu bisa bangkit, berjaya, berkembang dan bisa bersaing dengan daerah lain," pungkasnya.

Peresmian Rumah Kemasan Sentra Industri Menengah ini ditandai dengan pemotongan pita dan penandatangan prasasti. Dalam acara ini, Wali Kota Batu berkesempatan untuk meninjau rumah kemasan didampingi Sekda Kota Batu, Kepala Diskumdag Kota Batu dan para Kepala OPD yang hadir. (SL1)

Editor : Redaksi