Selasa, 23 Jul 2024 21:41 WIB

Tingkatkan Minat Baca dan Hafal Al-Quran, Selalu.id Gelar Digital MTHQ 2023

  • Reporter : Redaksi
  • | Sabtu, 07 Okt 2023 17:28 WIB
Digital MTHQ selalu.id

Digital MTHQ selalu.id

selalu.id - Perkembangan jaman dan digitalisasi yang pesat membuat semua rentang usia menjadi begitu lekat dengan gadget. Tentu hal ini membuat segala akses komunikasi dan informasi menjadi lebih mudah dan cepat tetapi juga di sisi lain, berdampak pada tergerusnya budaya dan minat pada religiusitas.

Berakar dari permasalahan tersebut, selalu.id bersama Baitul Muslimihin Indonesia (BMI) dan INFINIX menggelar Digital MTHQ, yakni Lomba Musabaqoh Tilawatil Quran dan Musabaqou Hifdzil Quran.

Rahmat Hidayat selaku Ketua Koordinator Digital MTHQ mengatakan bahwa Digital MTHQ diinisiasi dari ide untuk menjembatani kebutuhan dan tuntutan anak-anak Indonesia atas produk-produk modernitas sekaligus tetap memberikan stimulus religiusitas.

"Saat ini kan semua serba digital, jadi itu salah satu alasan kami, agar moderintas digital dan religi tetap bisa dikonsumsi seimbang oleh generasi muda Indonesia," ujar Rahmat, Sabtu (7/10/2023).

Untuk itu, Digital MTHQ adalah sarana pembentuk mental putra-putri dan remaja muslim yang tangguh, dinamis, dan siap memasuki era Revolusi 4.0. Harapannya kegiatan ini mampu membekali putra-putri dan remaja muslim kemampuan tampil dan public speaking sejak dini, mengukur kemampuan keilmuan yang didapat putra-putri dan remaja muslim selama menempuh pendidikan baik di Pesantren maupun Sekolah serta sebagai medium menambah portofolio putra-putri dan remaja muslim.

Klik di sini untuk pendaftaran

Baca Juga: Momen HUT ke-24, BMI Surabaya Bersiap Jajarkan Kader Baru untuk Pilkada 2024

Baca Juga: BMI PDI-P Surabaya Bagi-bagi Puluhan Kursi Roda ke Masyarakat Kurang Mampu dan Disabilitas

"Harapannya dari Digital MTHQ ini bisa menumbuhkan minat anak membaca dan menghafal Al-Quran agar tidak kalah besar dengan minat anak-anak main gadget," tambahnya.

Digital MTHQ 2023 pun memperebutkan Piala H Ganjar Pranowo SH. MIP dan juga hadiah total jutaan rupiah. Rahmat juga menambahkan bahwa Digital MTHQ 2023 menargetkan 1000 peserta dari seluruh Indonesia, dengan kategori SD, SMP, dan SMA-SMK sederajat.

"Persyaratnya untuk kategori MTQ, baik SD, SMP dan SMA-SMK sederajat pilihan juz atau surah bebas. Tetapi untuk MHQ SD juz 29-30 dengan surah bebas, SMP juz 1-3 dengan surah dan ayat bebas dan SMA-SMK sederajat juz 1-5 dengan surah dan ayat bebas," jelasnya.

Informasi lainnya dan berkas pendaftaran bisa diakses melalui website www.digitalmtq.com . Pendaftaran pun mulai dibuka hari Senin 9 Oktober 2023.

"Perihal persyaratan lainnya, peserta hanya perlu mengupload video rekaman pembacaan MTQ atau MHQ dan memastikan terupload dengan benar setelah itu tinggal menunggu pengumuman saja," tukas Rahmat. >

Editor : Ading