Selasa, 23 Jul 2024 22:34 WIB

Penjualan PTPN X Meningkat, Hasil Kinerja Transformasi Empat Tahun BUMN

  • Reporter : Redaksi
  • | Kamis, 05 Okt 2023 06:00 WIB
Kinerja PTPN X

Kinerja PTPN X

selalu.id – Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X yang merupakan bagian dari Kementerian BUMN, terus melakukan transformasi di segala aspek, mulai dari kinerja hingga kompetensi SDMnya.

Transformasi ini kian menunjukkan dampak signifikan pada kinerja perusahaan dari tahun 2019 hingga 2022, baik kinerja produksi maupun keuangan. Sepanjang empat tahun terakhir, rata-rata angka produktivitas tebu meningkat 8 persen jika dibandingkan tahun 2018, yaitu 84,3 persen. Angka positif lainnya juga ditunjukkan pada jumlah tebu digiling tahun 2022 yang mencapai 4,73 Juta Ton dengan produksi gula 355 Ribu Ton.


Perbaikan kinerja juga tampak di sektor tembakau, dimana luasan areal tanam terus meningkat selama kurun empat tahun terakhir hingga mencapai 30 persen. Luasan areal tanam tembakau sebesar 665 Ha pada tahun 2022 dengan rendemen 9,7 persen. Perbaikan komoditas tembakau ini menunjukkan bahwa demand dan kepercayaan pembeli terhadap produksi tembakau PTPN X juga meningkat signifikan.

Baca Juga: Skandal Pertambangan di BUMN, Subardi Desak Mind ID Evaluasi Internal


Tahun 2022 ini, kuantum penjualan tembakau kualitas ekspor PTPN X mencapai 351 ton atau 39,4 persen. meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, dengan angka Rp 313 Miliar. Ekspor dilakukan ke berbagai negara seperti Jerman, Amerika, dan Filipina.


“Kinerja yang kian membaik di empat tahun ini tentunya merupakan hasil dari transformasi yang dilakukan PTPN X, dimana selaras dengan transformasi secara menyeluruh di lingkup BUMN. Transformasi ini merupakan implementasi arahan Menteri BUMN, Erick Thohir agar fokus pada efisiensi dan efektivitas di setiap proses bisnis yang dijalankan di BUMN,” tegas Tuhu Bangun, Direktur PTPN X.

Baca Juga: Kementerian BUMN Integrasikan Penyedia Logistik BUMN di PIER dan Teluk Lamong


Dari sisi SDM, Tuhu Bangun juga menjelaskan bahwa setiap SDM PTPN X terus berbenah dan meningkatkan kompetensinya. Perbaikan dan peningkatan kompetensi SDM tentunya mengacu pada core value AKHLAK, yang telah diinisiasi oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Core Value AKHLAK ini menjadi standar nilai perilaku dan pedoman berbudaya kerja di PTPN X.


“Peningkatan kompetensi SDM dilakukan melalui berbagai jenis pelatihan dan Pendidikan seperti Coaching Mentoring Counseling (CMC), benchmarking, bimbingan teknis, Leadership Development Program, sertifikasi, dan sharing experience. Terdapat kenaikan 35% pengembangan SDM di tahun 2022 jika dibandingkan tahun 2021,” tambah Tuhu.

Baca Juga: Pasar Pangan Murah JGU Diperpanjang, Berikut Jadwal dan Lokasinya


Adanya core value AKHLAK dari Menteri BUMN Erick Thohir ini mampu membawa SDM PTPN X secara khusus untuk menjadi lebih unggul dan berdaya saing, yang merupakan modal penting dalam membawa Indonesia mencapai target ketahanan pangan nasional.

Editor : Ading