• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 20 Apr 2024 10:01 WIB

Resmikan Dua Bendungan di Jatim, Jokowi: Petani Semakin Produktif

Jokowi resmikan Dua bendungan di Jatim

Jokowi resmikan Dua bendungan di Jatim

Surabaya (selalu.id) - Presiden Joko Widodo meresmikan dua bendungan di Jawa Timur, Selasa (30/11/2021). Dua bendungan tersebut adalah Bendungan Tugu di Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Bojonegoro.

Baca Juga: Taman Kenjeran Surabaya Dipadati Pengunjung selama Libur Lebaran

Nampakmendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta kepala daerah setempat dalam peresmian tersebut.

Jokowi berharap dengan tambahan dua bendungan ini aktivitas pertanian semakin meningkat.

"Petani semakin produktif, lebih sering menanam dan panen sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat," ujar Jokowi.

Posesi peresmian kedua bendungan tersebut ditandai dengan  ditanda tanganinnya prasasti peresmian oleh Presiden Jokowi

Sementara itu, Gubernur Khofifah menambahkan, selain untuk menunjang pertanian, dua bendungan ini dapat dijadikan sebagai destinasi wisata di dua Kabupaten tersebut.

Karena ini akan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi petani, sektor pertanian bergerak, sektor perkebunan terfasilitasi begitupun sektor perikanan. Pun dengan sektor pariwisata karena bisa menjadi destinasi baru," jelas Khofifah.

Khofifah menyampaikan, bahwa di Jatim sendiri saat ini terdapat 6 Proyek Strategis Nasional (PSN) terkait bendungan yang diinisiasi oleh Pemerintah Pusat. Ke enam proyek bendungan tersebut adalah Bendungan Tukul di Pacitan, Bendungan Tugu dan Bendungan Bagong di Trenggalek, Bendungan Bendo di Ponorogo, Bendungan Gongseng di Bojonegoro, dan Bendungan Semanthok di Nganjuk. 

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pak Presiden melalui Menteri PUPR atas diberikannya lokasi PSN bendungan yang ada di Jatim," tukasnya.

Berdasar data di Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Bendungan Tugu memiliki kapasitas tampung 12 juta meter kubik dan dapat memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektare. Sedangkan Bendungan Gongseng memiliki daya tampung 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6.200 hektare.

Editor : Redaksi