• Loadingselalu.id
  • Loading

Jumat, 23 Feb 2024 13:49 WIB

Bawaslu Sebut Relawan Milenial PDIP Tidak Kampanye saat Deklarasi Anies-Muhaimin

Komisioner (Bawaslu) Surabaya, Novli Bernado Thyssen 

Komisioner (Bawaslu) Surabaya, Novli Bernado Thyssen 

selalu.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Surabaya juga turut mengawasi kegiatan Deklarasi Anies Baswedan dan Muhamin Iskadar untuk Capres - Cawapres yang diselenggarakan hari ini di Hotel Majapahit, Jalan Tunjungan Surabaya, Sabtu (2/9/2023).

Komisioner (Bawaslu) Surabaya, Novli Bernado Thyssen mengatakan pengawasan yang dilakukan di deklarasi tersebut untuk memastikan tidak ada keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) didalamnya.

Menurutnya deklarasi Capres dan Cawapres dari PKB dan NasDem dinilai wajar, sebab setiap orang berhak untuk mendeklarasikan diri. Maka, selama  deklarasi Anies-Muhaimin tidak berkampanye dan menganggap tidak ada pelanggaran.

"Kami ingin memastikan tidak ada kegiatan kampanye, karena yang kita ketahui bahwa tahapan kampanye belum dimulai masih di bulan November baru dimulai," ujar Novli.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Surabaya ini juga menegaskan deklarasi Anies-Muhaimin berlangsung kondusif dan aman.

Lebih lanjut, pihaknya juga memberikan tanggapan terkait adanya relawan Ganjar Pranowo yang menyanyikan beberapa lagu dukungan kepada Bacapres yang diusung PDI Perjuangan itu.

"Kami pikir wajar-wajar saja, itu bagian dari aspirasi masyarakat. Kecuali kita melihat ada pihak-pihak yang memotori gerakan dukung mendukung dari partai politik khususnya, selama ini kita tidak melihat hal itu," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Taruna Merah Putih TMP Aryo Seno Bagaskoro mengaku menggelar kegiatan konser milenial untuk dukungan Ganjar sekaligus untuk mengenang momen perobekan Bendera belanda 19 September 1945.

Lebih lanjut Seno menambahkan bahwa kegiatan yang merek lakukan bukanlah kampanye.

"Kita tidak kampanye, kita hanya berkumpul bersama dan kegiatan ini sering kami lakukan. Dalam kegiatan ini kami mengajak anak-anak muda melek dan sadar politik. Tidak ada persinggungan kita terbiasa hidup ayem di Surabaya, ini juga ruang publik dan kami anggap tidak menggangu," pungkasnya.

Baca Juga: Usut Kecurangan Pilpres, Ganjar Pranowo Datangi Kantor PDIP Jatim

Editor : Ading