Sabtu, 22 Jun 2024 21:55 WIB

Ahli Strategi, Tim E-Sport Untag Sabet Juara 1 Kejuaraan Nasional LEAD Limitless Tournament

  • Reporter : Ade Resty
  • | Senin, 29 Mei 2023 14:53 WIB
Roaster Tim Kehancuran Untag Surabaya

Roaster Tim Kehancuran Untag Surabaya

Selalu.id - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) E-Sport Untag Surabaya sabet juara 1 tingkat nasional dalam ajang kompetisi LEAD Limitless Tournament University Online Tournament MLBB in Indonesia (28/5/23).

LEAD merupakan program akademi dan kompetisi E-Sport dari Indihome yang menghadirkan hadiah jutaan rupiah. Turnamen game online Mobile Legend kali ini merupakan ajang lanjutan dari Lead Campus Roadshow. Mendapatkan kesempatan slot mengikuti turnamen, Tim Kehancuran dari UKM E-Sport Untag Surabaya memaksimalkan strategi yang solid untuk ikut terjun dalam kompetisi LEAD Limitless Tournament 2023.

Baca Juga: Sistekin Untag Surabaya - Universiti Malaysia Perlis Bahas Keamanan Jaringan via Webminar

Roaster Tim Kehancuran UKM E-Sport Untag Surabaya terdiri dari 6 anggota, Mohammad Ilham Fatchurozi sebagai Jungler, Devalesio Kumara Wardhana sebagai Explaner, Ilham Nur Fauzi sebagai Roamer, Justin Karmadjaja sebagai Goldlaner, Rangga Setya Permadi sebagai Midlaner, dan Shobhan Wajhi sebagai pemain cadangan. Mohammad Ilham Fatchurozi, pemain Jungler Tim Kehancuran UKM E-Sport Untag Surabaya, membagikan strategi persiapan yang diimplementasikan dalam tim.

"Strategi dan persiapan yang kami lakukan sangat terarah. Pertama, kami melakukan studi mendalam tentang tim-tim pesaing, menganalisis gaya bermain mereka, dan mencari celah untuk memanfaatkannya. Kami juga berfokus pada pengembangan keahlian individu, melatih sinergi antara hero-hero yang kami gunakan, dan memperbaiki koordinasi tim. Kami juga melakukan sesi latihan yang intensif untuk meningkatkan ketepatan dalam taktik dan koordinasi tim,” jelas Ilham (29/5)

Mahasiswa Teknik Informatika itu menjelaskan meskipun terdapat kendala saat turnamen berlangsung, namun dapat diatasi dengan mengedepankan kekompakan tim.

"Selama turnamen, kami menghadapi beberapa kendala seperti kesalahan komunikasi dan tekanan saat bermain melawan tim-tim tangguh. Namun, kami mengatasinya dengan komunikasi yang lebih baik, evaluasi pertandingan kami secara kritis, dan meningkatkan kerjasama tim. Kami belajar dari kesalahan dan memperbaiki strategi setiap kali kami mengalami kendala, yang membantu kami bangkit dan mencapai hasil yang positif,” pungkas Jungler Tim Kehancuran
Coach & Manager UKM E-Sport Untag Surabaya dalam LEAD Limitless Tournament, Widodo Budi Prasetiyo menyampaikan bahwa kejuaraan nasional ini menjadi umpan balik bagi UKM E-Sport untuk terus mengeksplor kemampuan tim.

Baca Juga: Tanggapi UKT Mahal, Rektor Untag Surabaya Tawarkan Biaya Kuliah Terjangkau

“Lomba adalah ajang yang sangat transparan di mana prestasi dapat diukur secara objektif, dan ini memberikan umpan balik yang berharga bagi saya dan tim untuk terus bereksplor dan memperbaiki diri. Saya juga percaya bahwa melalui lomba ini, kita dapat mengukur kemajuan dalam menguasai keterampilan yang relevan dengan bidang lomba E-Sport,” ujar Mahasiswa Ilmu Komunikasi tersebut

Tak hanya memupuk strategi-strategi antar anggota tim, Tim Kehancuran UKM E-Sport Untag Surabaya juga mengoptimalkan motivasi.

“Motivasi kita adalah haus akan juara. Melalui lomba ini, kita dapat mengukur kemajuan dalam menguasai keterampilan yang relevan dengan bidang lomba E-Sport. Dari kejuaraan ini, kedepannya kami dapat memperluas jaringan, mendapatkan dukungan dari kampus atau pihak terkait, dan ikut berkontribusi dalam meningkatkan industri E-Sport secara keseluruhan. Kita siap untuk melangkah maju dan menghadapi tantangan-tantangan baru yang mungkin muncul setelah meraih gelar juara ini,” papar Widodo

Baca Juga: Inovasi Teknologi Manajemen Beban Kerja di Dunia Pendidikan Teknik Untag

Pembina UKM E-Sport Untag Surabaya, Supangat M.Kom., ITIL., COBIT., CLA turut bangga atas pencapaian kejuaraan nasional UKM E-Sport Untag Surabaya.

“Selamat kepada anggota Tim UKM E-Sport Untag Surabaya dalam ajang LEAD Limitless Tournament 2023 sebagai juara 1 nasional. Kemenangan ini adalah hasil dari kerja keras dan persiapan yang gigih yang kalian lakukan sebagai tim. Prestasi ini adalah bukti nyata dari komitmen dan usaha keras kalian dalam mengembangkan bakat dan keterampilan E-Sports. Saya berharap ini menjadi landasan untuk terus meningkatkan diri, tidak hanya sebagai individu tetapi juga sebagai tim, agar dapat meraih lebih banyak lagi prestasi gemilang di masa depan.” ujar Direktur Direktorat Sistem Informasi. (Adg)

Editor : Ading