• Loadingselalu.id
  • Loading

Jumat, 23 Feb 2024 14:27 WIB

Usia 119 Tahun, Mbah Harun jadi Jamaah Calon Haji Tertua se Indonesia

Mbah Harun, JCH tertua Indonesia di Musim Haji 2023

Mbah Harun, JCH tertua Indonesia di Musim Haji 2023

Selalu.id - Musim haji 2023 ini, Jamaah Calon Haji (JCH) Jawa Timur, yang lanjut usia lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu JCH lansia adalah Mbah Harun. Mbah Harun berusia 119 tahun menjadi Jemaah Calon Haji (JCH) 2023 tertua di Jawa Timur sekaligus di Indonesia.

Baca Juga: Dua Jemaah Haji Asal Jawa Timur Meninggal di Madinah

Mbah Harun Bin Senar asal Kecamatan Proppo, Pemekasan, Madura itu bersama 445 jemaah calon haji kloter 6, tiba di Asrama Haji Emberkasi Surabaya (AHES), Rabu, Malam.

Nantinya, Mbah Harun dan ratusan calon haji kloter 6 akan berangkat ke Tanah Suci, Mekkah melalui Bandara Internasional Juanda, hari ini, Kamis (25/5/2023).

Terkait kesehatannya, Mbah Harun mengaku dirinya telah melakukan pengecekan kesehatan dan kondisinya dinyatakan dalam keadaan sehat.

"Pemeriksaan kesehatan semuanya normal," kata Mbah Harun, saat ditemui kepada awak media.

Mbah Harun tidak sendirian, dirinya bersama sejumlah ponakan maupun tetangganya asal Pemekasan, Madura itu juga berangkat bersama ke Tanah Suci, untuk melaksanakan Ibadah Haji 2023.

Ia bersyukur mendapat kuota tambahan dari Pemerintah untuk Jemaah Haji 2023.

"Tahun 2017 didampingi sama ponakan tetangga tetangganya. Akhirnya dapat panggilan (kuota tambahan dari pemerintah) tahun 2023 ini. Uang hasil menabung jual tanah dan jual sapi," ujarnya.

"Daftar haji selama 6 tahun, belum pernah berangkat haji baru pertama kali, setiap hari hanya jual ayam," imbuhnya.

Selain itu, Mbah Harun anak ketiga dari tujuh bersaudara mengaku mempunyai istri lima.

"Istri meninggal semua, punya 28 cucu," ungkapnya.

Kepada awak media, Harun bercerita tips awet umurnya yang mencapai ratusan tahun. Ia menyebut bahwa badannya masih sehat, karena hanya sering memakan sayur.

"Badan sehat hanya sakit karena umur sudah tua, resep nya hanya makan sayur. Setiap hari sudah gak kerja lagi kerena umur sudah tua, hanya fokus ibadah," terangnya. (Ade/Adg)

Editor : Ading