• Loadingselalu.id
  • Loading

Jumat, 23 Feb 2024 13:57 WIB

Pemkot Surabaya Siapkan Kampung Wisata Darmokali, Begini Konsepnya

Lokasi Kampung Wisata Darmokali

Lokasi Kampung Wisata Darmokali

selalu.id - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bakal menyiapkan kampung wisata di kelurahan Darmokali, Wonokromo.

Nantinya, kampung tersebut akan menjadi tempat mempamerkan produk produksi makanan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat.

Baca Juga: Anggarkan RP 45 Miliar, Pemkot Surabaya Bakal Lanjutkan Proyek Box Culvert Babat Jerawat-Pakal

Usai meresmikan Taman Asli Arek Suroboyo (Asreboyo) di Ngagel, Wali Kota Eri menyampaikan, Pemkot Surabaya akan langsung menggarap kampung wisata tersebut.

"Nanti di seberang (taman Asreboyo) Kampung Darmokali termasuk dari kelurahan Darmo saya siapkan jadi kampung wisata. Saya sudah bilang ke pak RT, RW dan Camat Nanti setelah secara otomatis kita bisa berjalan disana (kampung wisata),"kata Eri, usai meresmikan taman Asreboyo, Minggu (21/5/2023).

Kata dia, nantinya konsep kampung wisata itu akan disiapkan UMKM makanan yang berbeda-berbeda. "Jadi di jalan Darmo ada masjid, orang jualan kita buat UMKM juga,"ujarnya.

Eri berharap dengan adanya Kampung Wisata itu bisa menggerakkan Ekonomi masyarakat di perkampungan Kota Surabaya.

"saya terus terang ketika membangun sesuatu maka bisa menggerakkan ekonomi masyarakat setempat,"jelasnya.

Baca Juga: Ternyata Ada 245 Titik Banjir di Surabaya! Pemkot Kebut Perbaikan Rampung Tahun Ini

Terlebih lagi, konsep ini ada perahu kalimas yang akan melewati Darmo Kali atau menyeberang dari taman Asreboyo sehingga warga bisa menikmati dan merasakan tempat wisata.

"Perahu ini sebenarnya untuk menyebrang ke Darmo sekaligus berputar sampai dengan air, antara pintu pintu air sampai jembatan Hujung Galuh terus balik lagi. Jadi bisa buat keluarga,"tuturnya.

Eri menyampaikan, diseberang kampung Wisata Darmokali yakni Taman Asreboyo juga menjadi destinasi wisata sembari tempat bersantai bersama keluarga.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok Naik, Pemkot Surabaya Lakukan Ini

"Harapan saya disini akan menjadi tempat keluarga, ketika tempat pilihan untuk jadi tempat olahraga, berkumpul bersama keluarga. Menikmati suasana,"ungkapnya.

Ditambah, fasilitas olahraga yang disediakan yakni lapangan basket bisa dibuat lomba pertandingan Three on Three, Skateboard dan lain-lain.

"Insyallah kita buat Three on Three ya (tanding basket) lombanya disini, ini juga ada skateboard,"tuturnya. (Ade/SL1)

Editor : Redaksi