• Loadingselalu.id
  • Loading

Kamis, 29 Feb 2024 15:01 WIB

Unik, Gereja ini Bikin Pohon Natal Bertema Keragaman Budaya Indonesia

Pohon natal bertema nusantara

Pohon natal bertema nusantara

selalu.id - Gereja Kristus Raja Surabaya menghadirkan pohon Natal bernuansa kesenian beragam budaya di Indonesia yang dihiasi tulisan Aksara Jawa (Honocoroko). Konsep pohon Natal ini, melambangkan persaudaraan rakyat dari Bhinneka Tunggal Ika.

"Kebetulan saya mengangkat kebersamaan dengan kesenian yang mencakup hampir dari seluruh indonesia. Ada seni dari Jawa, Bali, Sumatera, Papua, Kalimantan, dari Jawa banyak Jateng, Jatim," kata Ketua Panitia Gereja Kristus Raja, Rosa, Jumat (24/12/2021).

Baca Juga: Telkom Regional V Jatim Bali Nusra Sukses Selenggarakan Layanan Posko Telkom Group Siaga Nataru

Tak hanya dilapisi Aksara Honocoroko, pohon Natal ini juga dipadukan dengan batik parang dan batik luga naga. Juga ada konsep etnis chinesenya. Dengan konsep itu, ia menginginkan umat manusia saling mendukung, bersatu dan bersama.

"Disini keluarga kudus, dan maria juga menggunakan kain tenun. Inilah Indonesia, keragamannya. Kami mengharapkan siapa pun kita tujuan menyembah Tuhan. Sebagai pimpinan juga merakyat, bisa mengayomi rakyat," ujarnya.

Selain itu, ia menjelaskan barang-barang yang ditempel di pohon Natal itu, yakni ada Batak Hiasan Kepala, Sumatera Selatan itu hiasan kepala bulat, Kipas Bali, Kuda lumping Kediri, tameng Papua mahkota, tipeng Banyuwangi, gelang padang Sumatera. Batik dari Jateng.

Baca Juga: Pelindo Regional 3 Catat Kenaikan Penumpang 24 Persen selama Nataru

"Kebanyakan dari luar. Belum semuanya tapi mewakili dari provinsi di Indonesia. Chienes ada payung dan lampion," jelasnya.

Untuk persiapan membuat pohon Natal tersebut, Rosa mengaku dari awal membuat kandangnya dalam waktu 12 hari.

"Melibatkan panitia, dibantu karyawan di gereja, pohon natal sendiri dari kita. Tahun lalu masker, tahun 2019 hidroponit tanaman,"ujarnya.

Baca Juga: Libur Panjang Nataru, Penumpang Bandara Juanda Capai 556.064 Orang

Lebih lanjut, ia berharap dengan pohon Natal ini dapat mempersatukan persaudaraan untuk mendukung dan merangkul semua dari kesenian, organisasi masyarakat (ormas) dimanapun.

"Kami bersatu membangun Indonesia lebih maju dengan Bhineka Tunggal Ika," terangnya. (Ade/SL1)

Editor : Redaksi