Senin, 15 Jul 2024 02:15 WIB

Diduga Empat Anggota Dewan Jatim Terlibat, KPK Geledah Rumah Pimpinan?

  • Reporter : Ade Resty
  • | Rabu, 10 Jul 2024 17:30 WIB
KPK

KPK

selalu.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan aktivitas penyidikan dengan serangkai penggeledahan di Surabaya, Jawa Timur, Rabu, (10/7/2024).

Diduga, penyidik juga menggeledah tiga rumah pimpinan DPRD Jatim yakni K, I, dan AS. Diketahui penyidikan tim KPK di Surabaya tersebut untuk melanjutkan penyelidikan kasus Dana Hibah menjerat Wakil Ketua DPRD Jatim periode 2019-2024 Sahat Tua P. Simandjuntak (STPS).

Tim selalu.id, mencoba mendatangi rumah salah satu Wakil DPRD Jatim tersebut berisinial AS, di kawasan Kebonsari, Surabaya. Dalam pantuan, rumah tersebut dalam kondisi sepi. Namun, pintu depan rumah terlihat terbuka sedikit.

Kemudian, ada dua pembantu rumah tersebut keluar. Saat ditanya keberadaan AS, mereka menjawab bahwa penghuni milik rumah itu sedang berada di luar kota.

“Bapak infonya lagi diluar kota,” kata salah satu pekerja yang tak ingin disebut namanya.

Ia juga menjawab bahwa tidak ada tamu atau tanda-tanda tim penyidik yang biasanya memakai rompi bertulis KPK, datang kerumah tuannya tersebut, sejak siang.

“Gak ada tamu sama sekali,” ujarnya.

Selain itu KPK juga menyebut ada empat nama tersangka baru dugaan suap pokok pikiran (pokir) dana hibah Pemerintah Provinsi Jatim. Informasi yang beredar empat anggota DPRD Jatim yang diduga terjerat yakni K, I, AS dan M.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Tessa Mahardika Sugiharto membenarkan adanya aktivitas penyidikan di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu (10/7/2024).

“Ada”, kata Tessa, melalui pesan singkat kepada selalu.id.

Dikabarkan informasi diterima bahwa ada pemeriksaan sejumlah anggota DPRD Jatim, di kantor Polisi Surabaya. Namun, Tessa menyebut tidak ada pemeriksaan pimpinan DPRD Jatim pada, Rabu, ini.

“Tidak ada,” katanya.

Saat ditanya apakah aktivitas KPK di Surabaya untuk melanjutkan penyelidikan soal Dana Hibah yang terlibat kasus tersangka Wakil Ketua DPRD Jawa Timur nonaktif Sahat Tua P Simandjuntak. Tessa pun enggan membeberkannya.

“Belum bisa dirilis. Akan kita sampaikan pada saatnya,” pungkasnya.

Baca Juga: KPK Tetapkan 21 Tersangka Korupsi Dana Hibah Jatim

Editor : Ading