Senin, 15 Jul 2024 04:07 WIB

Risma, Pramono Anung, Azwar Anas Disimulasi PKB Dampingi Kiai Marzuki di Pilgub Jatim

  • Reporter : Ade Resty
  • | Senin, 01 Jul 2024 18:38 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sekteris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas.

Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sekteris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas.

selalu.id - DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur menyebut tiga nama kader PDI-Perjuangan yang dipertimbangkan untuk jadi Calon Wakil Gubernur di Pilkada Jatim 2024.

Tiga nama itu akan dipilih salah satu sebagai tandem berlaga KH Marzuki Mustamar, sebagai Cagub tunggal usungan PKB, yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sekteris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas.

“Semuanya bagus. Punya keunggulan masing-masing,” kata Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi, Senin (1/7/2024).

Fauzan menyampaikan bahwa pihaknya saat ini sedang membuat simulasi pasang calon yang terdiri dari Kiai Marzuki dengan masing-masing tiga nama itu. Mereka akan melihat hasilnya beberapa hari ke depan.

“Sedang disimulasi. Perkembangan akan segera diupdate lagi,” ucapnya.

Ia juga menilai dan meyakini pasangan calon dan rencana koalisi ini akan memberi perlawanan yang sengit kepada Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, yang merupakan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur petahana.

Meski demikin, kata Fauzan, keputusan final soal siapa sosok yang bakal diusung PKB serta dengan parpol mana pihaknya berkoalisi kata hal itu tetap ada di tangan DPP PKB.

Tiga menteri di yang juga kader PDIP yakni Mensos Tri Rismaharini, Menpan-RB Azwar Anas dan Menseskab Pramono Anung dipersiapkan maju di Pilkada Jawa Timur 2024.

Hal itu disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (29/6/2024) lalu.

"Misalnya dari kalangan menteri ada Ibu Risma, ada Pak Abdullah Azwar Anas, ada Pak Pramono Anung ini laris manis ada yang ngusung di Jakarta ada yang usulkan di Jawa Timur," katanya.

Tak hanya level menteri, Hasto turut menyiapkan para kadernya yang menjadi kepala daerah petahana untuk maju di Pilkada Jatim. Di antaranya Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani hingga Bupati Trenggalek Nur Arifin hingga Bupati Sumenep Nur Fauzi untuk Pilgub Jatim.

Diketahui, kini PDIP masih melakukan upaya kerja sama dengan parpol lain di Jatim seperti PKB dan Gerindra.

Baca Juga: PKB Tak Mau Usung Cagub Dari Partai Lain, Gimana Nasib PDIP?

Editor : Ading