Senin, 15 Jul 2024 03:02 WIB

Haul Bung Karno, Megawati dan Sukmawati Nyekar ke Blitar

Foto: Haul nyekar Bung Karno

Foto: Haul nyekar Bung Karno

selalu.id - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Sukarno Putri mendatangi makam Presiden Pertama RI Soekarno di Blitar, Jawa Timur, Jumat (21/6/2024).

Kedatangan Megawati tersebut untuk menggelar haul Bapak Proklamator yang ke -54.

Nampak hadir beberapa kepala daerah dari PDIP diantaranya Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, Menteri Sosial Tri Rismaharini serta tokoh-tokoh nasional PDIP lainnya.

Tiba di lokasi, Megawati bersama rombongan langsung menggelar doa bersama di makam ayahnya. Para peserta nampak khidmad melantunkan doa-doa di depan makam sang Proklamator.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa kedatangan Megawati di Blitar secara khusus hanya untuk menggelar doa di momen haul Bung Karno dan tidak ada agenda lainnya.

"Segenap kader pusat dan daerah, khususnya Jawa Timur saat ini menggelar nyekar,  ini untuk memperingati wafatnya Proklamator dan Bapak Bangsa kita pada tanggal 21 Juni 1970 ," ujar Hasto kepada awak media usai acara pengajian.

Hasto menjelaskan bahwa acara ini layak untuk diteladani oleh generasi muda sebagai bagian dari pembelajaran tentang semangat perjuangan oleh Bung Karno.

"Kita diajarkan oleh Bung Karno tradisi spritual yang begitu kuat. Semangat perjuangan beliau patut untuk dijadikan tauladan oleh kita semua, terutama generasi muda," imbuhnya.

Usai nyekar, Megawati bersama Sukmawati kemudian melihat lukisan milik sang ayah yang terbuat dari jarum pentul yang dipajang di museum samping makam Bung Karno.

Baca Juga: Usai Digeledah KPK, Anggota DPRD dan Bacabup Bangkalan Mahfud Nyatakan Mundur

Editor : Ading