Senin, 15 Jul 2024 04:12 WIB

PDIP Sebut Dirinya Cocok Jadi Menteri, Begini Jawaban Emil Dardak

  • Reporter : Ade Resty
  • | Kamis, 20 Jun 2024 08:58 WIB
Emil Dardak

Emil Dardak

selalu.id - Emil Elestianto Dardak, disebut PDI Perjuangan cocok menjadi menteri ketimbang jadi Bakal Calon Petahana Wakil Gubernur Jatim mendampingi Khofifah Indar Parawansa maju periode Pilgub 2024.

Pernyataan itu disebut langsung oleh Ketua DPD PDIP Jatim, Said Abdullah beberapa waktu lalu. Said menilai bahwa Emil yang juga Ketua DPD Demokrat Jatim lebih cocok masuk kabinet menteri Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Menanggapi itu, Emil mengaku bahwa dirinya hanya ingin fokus pencalonannya sebagai calon Wakil Gubernur Jatim mendampingi kembali Khofifah Indar Parawansa periode kedua Pilgub Jatim 2024.

“Bahwa ada wacana ada dinamika yang mengarah kesana itu hanya bagian dari sebuah proses eksplorasi. Tapi saat ini mari kita fokus kepada mandat yang telah resmi diberikan yaitu di Jatim,” kata Emil Dardak, usai berkunjung ke Kantor DPW PAN Jatim di Surabaya, Rabu (19/6/2024) malam.

Emil menyebut dirinya juga telah mendapatkan mandat rekomendasi satu paket dengan Khofifah untuk maju Pilkada Jatim 2024. Yakni dari PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, Perindo dan PSI.

Terlebih lagi, Presiden RI terpilih Prabowo Subianto memiliki hak prerogatif untuk menunjuk menteri, tetapi justru menyatakan dirinya telah sepaket dengan Khofifah-Emil sebagai calon pasangan konstetasi Pilgub.

Pertanyaan itu sendiri juga diungkapkan oleh wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka saja berkunjung ke kediaman rumah Khofifah di Surabaya.

“Saya rasa sekarang sudah jelas bahwa presiden terpilih Pak Prabowo, wakil beliau juga Mas Gibran, sudah menyampaikan bahwa Bu Khofifah ini satu paket dengan Mas Emil,” ucapnya.

Lebih lanjut Emil mengatakan, ia ingin mengabdikan dirinya untuk membangun Indonesia dari Jatim. Sebab menurutnya, tugas memimpin daerah sama penting dengan pekerjaan di kabinet.

“Sebagai provinsi dengan sumbangsih PDRB terbesar kedua di Indonesia, 1/6 dari perkonomiam Indonesia, hampir 7 persen dari perekonomian Asia Tenggara, tentu juga pembangunan regional Jatim bukan sebuah tugas yang sederhana dan tentunya merupakan mandat yang sangat penting,” pungkasnya.

Baca Juga: TKN Fanta Nyatakan Dukung Emil Dardak dan Hendy Setiono di Pilkada 2024

Editor : Ading