Rabu, 26 Jun 2024 00:58 WIB

Eri Cahyadi Klaim Dapat Surat Tugas Maju Pilwali, PDIP Jatim: Itu Bukan Rekomendasi

  • Reporter : Ade Resty
  • | Selasa, 04 Jun 2024 11:13 WIB
Foto: Eri Cahyadi

Foto: Eri Cahyadi

selalu.id - Calon Petahana Bakal Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku bahwa dirinya memang sudah diberi surat tugas untuk maju Pilwali Surabaya 2024, pada November 2024 mendatang.

“Loh sudah turun, kita dapat surat tugas (maju Pilwali),” tegas Eri, Jumat (31/5/2024).

“Tapi kalau untuk yang kepala daerah dari PDI itu adalah surat tugas. Kalau yang bukan PDI itu rekomnya berbeda. Seperti yang di Ngawi itu rekomnya beda. Memang bentuknya bukan rekomendasi saat ini,” tambahnya.

Di sisi lain, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari menyebut surat tugas untuk maju calon kepala daerah untuk Pilkada 2024 serentak bukanlah surat rekomendasi. Ia pun menjelaskan perbedaannya.

“Itu bukan surat rekomendasi, tapi surat tugas,” kata Untari, kepada selalu.id, melalui pesan, Selasa (4/6/2024).

Surat tugas ini, kata Untari, adalah surat untuk para kader yang akan maju Pilkada untuk melakukan konsolidasi kepada partai-partainya dalam rangka membangun kerjasama politik.

Untari menyebut surat itu sebagai upaya untuk menjajaki pasangan yang cocok. “Surat tugas ini bukan rekomendasi, tetapi jembatan menuju rekomendasi,” terangnya.

Untari menjelaskan di surat tugas itu jika dalam penugasan sudah bertemu dengan kerjasama politiknya dengan partai politik mana dan cocoknya siapa untuk direkom. Maka segera dilaporkan ke DPP untuk mencermati hal tersebut.

“DPP PDIP akan melakukan validasi di masing-masing DPP parpol. Jika telah saling sepakat kerjasama politiknya maka ditingkatkan menjadi rekomendasi sebagat sarat pendaftaran ke KPU,” pungkasnya

Baca Juga: Ketum PSI Gelar Karpet Merah Pemilik Kebab Baba Rafi Maju Pilwali Surabaya

Editor : Ading