Kamis, 20 Jun 2024 00:04 WIB

Istimewa! SIER Raih Dua Penghargaan TOP CSR Award 2024 Bintang Empat

Foto: SIER mendapatkan Penghargaan TOP CSR Award 2024

Foto: SIER mendapatkan Penghargaan TOP CSR Award 2024

selalu.id - PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) tahun ini meraih penghargaan ber predikat bintang empat dalam kategori TOP CSR Award 2024. Pengelola kawasan industri milik pemerintah ini meraih dua penghargaan bergengsi TOP CSR 2024. Dari sebelumnya hanya meraih bintang tiga selama tiga tahun berturut-turut, yakni pada 2019, 2021 dan 2023.

“Kita bersyukur, tahun ini SIER mendapatkan dua award bintang empat untuk perusahaan termasuk TOP Leader on CSR Commitment 2024, ini peningkatan dari sebelumnya bintang tiga,” ujar Sekretaris Perusahaan (Sekper) PT SIER, Jefri Ikhwan Ma’arif, saat dikonfirmasi, Kamis (30/5/2024).
SIER mampu memberikan upaya keberlanjutan, sekaligus dampak positif untuk masyarakat dan lingkungan.

Baca Juga: SIER Day 2024 dan Industrial Run Ramaikan HUT ke 50 SIER

Jefri mengatakan, SIER terus berupaya menerapkan standar lebih baik dalam praktik Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang holistik dan berkelanjutan dengan tiga pilar utama. Yakni lingkungan, sosial dan ekonomi atau yang dikenal sebagai prinsip triple bottom line.

Dalam aspek lingkungan, jelas Jefri, SIER telah mengambil langkah-langkah strategis guna mengurangi dampak operasional terhadap lingkungan. SIER telah menerapkan ramah lingkungan dan energi hijau dalam rantai pasok di kawasan industri.

“SIER telah menerapkan energi terbarukan solar panel, mendirikan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) hingga mempromosikan pengelolaan limbah yang bertanggung jawab kepada para tenant,” jelasnya

Sementara itu, Direktur Utama PT SIER, Didik Prasetiyono mengaku dengan diraihnya penghargaan ini bisa memantik semangat SIER untuk semakin memperluas dampak positif bagi masyarakat dalam mengintegrasikan tanggung jawab sosial dalam operasi mereka.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perjalanan ini, khususnya
dedikasi dan kerja keras seluruh tim SIER dalam mengimplementasikan program untuk masyarakat yang inovatif dan berkelanjutan, masih perlu terus perbaikan," ujar Didik.

Baca Juga: Rayakan HUT SIER, Karyawan Bentangkan Ucapan di Puncak Gunung Lawu

Wakil Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia ini menegaskan, SIER percaya bahwa penerapan TJSL berbasis ESG (Environtmental, Social and Governance) bukan hanya merupakan kewajiban moral, tetapi juga sebagai strategi bisnis.

“Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip ESG dalam operasional kami, terbukti kami dapat meningkatkan kinerja finansial, mengurangi risiko, dan menciptakan nilai jangka panjang bagi pemangku kepentingan di kawasan industri yang kami kelola,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2024 yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, M Lutfi Handayani menjelaskan, penilaian TOP CSR Awards 2024 ini berbasis ketentuan ISO 26000, ESG, dan strategi bisnis dari para kandidat pemenang.

Baca Juga: SIER Siap Dukung Integrasi Sistem Teknologi Holding BUMN Danareksa

Menurut Lutfi, ajang penghargaan tahunan ini digelar untuk mendorong peningkatan efektivitas dan kualitas program CSR perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

“TOP CSR Awards ini merupakan kegiatan pembelajaran CSR sekaligus kegiatan penghargaan CSR terbesar dan paling membanggakan di Indonesia,” kata Lutfi dalam keterangan resminya.

Setiap tahun, TOP CSR Awards selalu diikuti oleh ratusan perusahaan baik swasta, BUMN, dan BUMD di Indonesia. Selain proses penilaian yang obyektif dan independen, setiap peserta mendapat banyak manfaat karena dapat terpacu serta terus belajar dan berusaha untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas program-program CSR mereka.

Editor : Ading