Selasa, 23 Jul 2024 21:52 WIB

Kematian Dumbo Gajah Koleksi KBS Diduga Terserang Elephant Herpesvirus

  • Reporter : Ade Resty
  • | Selasa, 21 Des 2021 10:25 WIB
Kebun Binatang Surabaya. Foto: Istimewa

Kebun Binatang Surabaya. Foto: Istimewa

Surabaya (selalu.id) - Kematian Dumbo, gajah berusia 2,5 tahun koleksi Kebun Binatang Surabaya belum diketahui penyebabnya, masih harus menunggu 14 hari lagi untuk hasil autopsi dan laboratorium.

Beredar spekulasi yang menyebutkan bahwa Dumbo terserang Elephant Herpesvirus, sejenis virus yang berakibat fatal jika ditularkan kepada gajah muda Asia.

Baca Juga: Soal Kematian Dumbo, DPRD Surabaya: KBS Kurang Terbuka

Tim Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meminta pengelola Kebun Binatang surabaya untuk meningkatkan keamanan bagi satwa koleksinya.

Kepala Seksi Pengawetan Eksitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan (KLHK), Desy Satya Chandradewi mengatakan bahwa perbaikan keamanan itu juga harus melihat pada aspek pola interaksi hewan dengan pengunjung KBS.

"Terpenting adalah biosafety dan biosecuritynya untuk bagaimana kita berinteraksi dengan satwa-satwa ini," kata Desy, Senin (20/12/2021).

Desy meminta kepada manajemen KBS agar memastikan keamanan gajah yang masih tergolong dalam usia muda untuk tidak dilakukan interaksi dengan pengunjung.

Baca Juga: Izin Kebun Binatang Surabaya Terancam Dicabut Terkait Kematian Dumbo

"Kedepannya kita akan memberikan mitigasi penyebaran virus ini pada gajah yang ada di LK (lembaga konservasi) umum yang lain," terangnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli dari Asosiasi Satwa Liar Eksotik dan Aquatik, Wisnu Wardana menyampaikan, pentingnya peningkatan keamananan. Kejadian yang menimpa Dumbo harus bisa menjadi pelajaran kepada seluruh Lembaga Konservasi untuk benar-benar serius dalam menjalankan pola perawatan satwa koleksinnya.

"Sistem biosecuritnya harus benar-benar bagus dan gajah muda hendaknya jangan diekspose dulu," ujarnya.

Baca Juga: KBS Sterilkan Kandang Gajah dari Pengunjung Pasca Kematian Dumbo

Wisnu mengaku juga masih menunggu hasil outopsi Dumbo untuk mengetahui penyebab matinya gajah muda tersebut. Namun, Wisnu menduga penyebab kematiannya dikarenakan Elephant Herpesvirus.

"Kita masih menunggu hasil laboratorium. Gejala patologis anatomisnya mengarah pada sana (Elephant Herpesvirus)," terangnya. (Ade/SL1)

 

Editor : Redaksi