• Loadingselalu.id
  • Loading

Sabtu, 18 Mei 2024 11:11 WIB

Bayu Airlangga Bakal Daftar Calon Wali Kota ke PSI Surabaya?

Foto: Bayu Airlangga

Foto: Bayu Airlangga

selalu.id - DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surabaya buka pendaftaran bakal calon kepala daerah (bacakada) untuk Pilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya mulai 13 Mei hingga 27 Juli 2024 nanti.

Informasi yang diterima selalu.id, menantu mantan Gubernur Jawa Timur periode 2009-2019 Soekarwo alias Pakde Karwo yakni Bayu Airlangga dikabarkan bakal mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota ke Kantor DPD PSI Surabaya.

Baca Juga: Larang Study Tour SD-SMP ke Luar Kota, Wali Kota Eri Imbau Perbanyak Kegiatan Lokal

Plt Sekretaris DPD PSI Surabaya Abdul Ghoni mengatakan terkait kabar tersebut pihaknya belum menerima informasi siapa yang akan daftar ke partainya.

“Sejauh ini belum ada informasi siapa yang daftar disini, sengaja kita gak sampaikan kepada kandidiat-kandidat yang punya potensi untuk mendaftar kita berikan informasi lebih awal. Sejauh ini belum ada,” kata Abdul, saat konferensi pers pendaftaran bacakada di Basecamp Bapilu DPD "Partai Solidaritas Indonesia" (PSI" Surabaya Jalan Jemur Andayani 50 Villa Imperial Blok H No.1 Kompleks Ruko Surya Inti Permata - Surabaya), Senin (13/5/2024).

Plt Ketua DPD PSI Surabaya Sobikin ia menyebut ada sejumlah kadernya sendiri yang juga turut berpartisapasi untuk mendaftar calon wali kota Pilwali Surabaya.

“Ada dari anggota dewan kita, ketua DPW sementara itu sih,” katanya.

Baca Juga: Ratusan PPK Dilantik Untuk Pilkada 2024, Begini Pesan Eri Cahyadi

Namun kata dia, ada pula yang mendaftar dari luar parpolnya salah satunya Bayu Airlangga. Ia menyebut pihaknya sudah melakukan komunikasi kepada Ketua Pro Jokowi (Projo) Jawa Timur tersebut.

“Banyak (dari luar parpol) ada Bayu, Politisi, masih dalam tahap komunikasi aja jadi kita tunggu siapa yang daftar. Tapi kalau untuk Bayu sudah komunikasi dengan beberapa teman iya ya (mau daftar). Tapi kapan mendaftarnya belum konfirm ke kita,” ujarnya.

Meski begitu, Sobikin menyampaikan bahwa PSI Surabaya juga terbuka siapapun yang ingin mendaftara termasuk calon petahanan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

Baca Juga: Ini Tujuan Eri Sowan ke Semua Parpol Jelang Pilwali Surabaya

“Kalau yang bertanya-tanya sudah kapan membuka pendaftaran. Secara langsung maupun melalui orang-orang terdekat. Pak Eri-Armuji kami belum tahu belum kasih tahu kita. Kami tetap terbuka siapapun pendafatran,” jelasnya.

Lebih lanjut Sobikin menjelaskan untuk mekanismenya melalui DPD PSI Surabaya pendaftaran melalui isi formulir baik secara online maupun offline langsung terkonek ke DPW hingga DPP. Kemudian nanti akan diseleksi administrasi melalui kompetensi dan wawancara serta kepimpinanannya.

“Tugas kami menjaring secara administrasi kemudian DPD akan sampaikan oleh DPP,” pungkasnya.

Editor : Ading