Rabu, 22 Mei 2024 02:27 WIB

Harga Ayam Potong di Surabaya Sentuh Rp 48 Ribu Perkilo, Masyarakat Mengeluh

Ilustrasi ayam potong

Ilustrasi ayam potong

selalu.id - Harga daging ayam yang ada dibeberapa pasar tradisional Surabaya mengalami lonjakan cukup signifikan dalam sepekan terakhir. Tak tanggung-tanggung, daging ayam kini naik menjadi Rp 45.000 per kg.

Pantauan selalu.id di Pasar Manggadua dan Pasar Keputran Surabaya harga daging ayam potong saat ini mencapai Rp 45.000 hingga Rp 48.000 per kg. Padahal, pekan lalu harga daging ayam masih berada di angka Rp 35.000 per kg.

Baca Juga: Ini Penyebab Harga Ayam Potong di Surabaya Terus Naik Pascalebaran

"Sebenarnya tiap hari ini ada kenaikan, cuma naiknya gak tinggi-tinggi amat, sekitar Rp 500 sampai Rp 1.000 per kilogramnya. dan sekarang harganya sudah mencapai Rp 45 ribu per kilonya. Naiknya ya tinggi sekali," ujar Siti (52) salah satu pedagang ayam potong di pasar Manggadua Surabaya, Kamis (9/5/2024) dini hari.

Senada dengan Siti, Hodijah (53) pedagang ayam potong di pasar Keputran Surabaya juga mengatakan, bahwa tingginya permintaan konsumen tak diimbangi dengan pasokan dari tingkat peternak. Sehingga membuat lonjakan harga daging ayam naik dalam setiap harinya.

Baca Juga: Dilema Peternak Ayam Diantara Harga Pakan dan Telur

"Belum lagi kalau kekurangan stok barang (ayam potong) dari peternak. Ya kemungkinan ini akan naik terus," ungkapnya.

Meski begitu, naiknya harga daging ayam ini, jelas dia lebih lanjut, membuat para pedagang mengengeluhkannya. Menurutnya, terjadinya kenaikan harga ayam ini tidak lain dikarenakan kurangnya suplai pasokan ayam potong dari kalangan peternak.

Baca Juga: Awas! Dilarang Memotong Unggas di Pasar, Pemkot Surabaya Bakal Bangun RPU

Hal ini memang diakui oleh sejumlah pedagang ayam potong, bahwa turunnya omzet jualan tersebut karena sepinya minat belanja pembeli dikarenakan harga yang tiap hari selalu naik. Para pedagang memprediksi, lonjakan harga daging ayam potong akan terus terjadi hingga minggu depan nanti.

Editor : Arif Ardianto