Rabu, 22 Mei 2024 02:02 WIB

Begini Respon Musyafak Disebut Cocok Dampingi Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya

  • Reporter : Ade Resty
  • | Senin, 06 Mei 2024 14:44 WIB
Foto: Musyafak Rouf

Foto: Musyafak Rouf

selalu.id - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Musyafak Rouf menanggapi namanya yang disebut cocok mendampingi menantu Gubernur Jatim Periode 2019-2019 Soekarwo alias Pakde Karwo yakni Bayu Airlangga jika maju Pilwali Surabaya 2024.

Musyafak mengaku masih enggan mau maju ke Pilwali Surabaya 2024. Sebab, dirinya ingin fokus ke bekerja untuk rakyat di DPRD Jawa Timur. Meski begitu, Caleg terpilih duduk di kursi Indrapura tidak menutup kemungkinan akan maju ke Pilkada berikutnya di tahun 2029.

“Itu lebih afdol semua saran keluarga teman-teman itu sudah di DPRD saja. kalau memang diberi kesehatan 2029 okelah (maju Pilwali),” kata Musyafak, kepada selalu.id, Senin (6/5/2024).

Namun, terkait namanya yang sering disebut cocok untuk mendampingi calon kepala daerah di Surabaya. Salah satunya berpasangan dengan Ketua Pro Jokowi (Projo) Jawa Timur, Bayu Airlangga. Musyafak pun menjawab dirinya tidak mengenal soso mantu Pakde Karwo tersebut

“Bayu itu gak kenal aku, terus mau cocok gimana? Bayu itu saya tahu namanya gak tahu mukanya, kan harus bertemu dulu, berkenalan dulu,” katanya.

Sebelumnya, Pengamat Politik dari  Pemuda Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jatim Dian Hijrah Saputra menyebut Bayu Airlangga merupakan politisi muda yang punga pengalaman cukup matang. Menurutnya, menantu Pakde Karwo itu punga kompetesi yang lengkap dari Partai yang pengalaman mengusung Capres terpilih.

“Dari sisi jaringan mas Bayu sudah jangan diragukan lagi,” kata Dian.

Ia menyebut tokoh yang kuat untuk mendampingi Bayu Airlangga untuk mendongkrak elektabilitasnya yakni dari insan akademis religus  atau tokoh koalisi partai Islam di Surabaya.

“Iya yang jelas siapa pun itu tokoh (partai islam) tersebut bisa membawa pengaruh kongkrit terhadap elektoral pemilih,” sebutnya.

Sementara Pengamat Politik dari Universita Trunojoyo Madura (UTM) Surokim menyampaikan tokoh yang juga bisa kuat mendampingi Bayu Airlangga yakni di lingkungan Nadhliyin atau Nadhlatul Ulama (NU) yakni Ketua DPC PKB Surabaya Musyafak Rouf.

“Atau dari kalangan nadhilyin sejauh ini menguat pak Musyafak. Tapi kan Musyafak posisinya perolehan suaranya kan hampir sama dengan Golkar di Surabaya,” jelasnya.

Baca Juga: Berpeluang Diusung PKB Maju Pilgub Jatim 2024, Begini Tanggapan KH Marzuki

Editor : Ading