Kamis, 20 Jun 2024 01:14 WIB

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya Pertama Raih Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha

  • Reporter : Ade Resty
  • | Selasa, 23 Apr 2024 19:55 WIB
Foto: Wali Kota Eri

Foto: Wali Kota Eri

selalu.id - Sepanjang sejarah, Eri Cahyadi merupakan yang pertama dan satu-satunya Wali Kota Surabaya yang bakal mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Presiden).

Eri menyampaikan penghargaan ini juga bakal diberikan 15 Kepala Daerah nasional di di peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) yang digelar di Balai Kota Surabaya pada Kamis (25/4/2024) nanti.

“Surabaya juga mendapat penghargaan sekali seumur hidup yang selama ini belum ada Wali Kota Surabaya yang mendapatkan itu,” kata Eri, saat ditemui, Selasa (23/4/2024).

Orang nomor satu di Surabaya itu menyebut alasan dirinya mendapatkan penghargaan ini karena pertama telah berhasil menurunkan stunting yang luar bisa. Kemudian transportasi atau akomodasi, lalu kenyamanan atau kelayakan kota.

“Terpenting dalam penilaian itu melibatkan masyarakat dalam ikut penyelenggaraan pembangunan Kota Surabaya. Tidak hanya pemerintah daerah saja, tapi seluruh melibatkan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, keberhasilan ini tak lepas peran terkuat dari  RT, RW, LPMK dan Kader Surabaya Hebat (KSH). Melalui penghargaan ini, Eri akn mendedikasikan semangat kota Surabaya membangun kampung madani.

“Karena tidak ada tujuan pemerintah hadir selain memberikan yang terbaik kepada warga melalui kampung,” tuturnya.

“Saya berharapnya kampung madani, kampung peradaban. Di mana tidak ada pengangguran, tidak ada kemiskinan, tidak ada putus sekolah setiap kampung. Oleh karena itu, saya selalu mengayakan kepada seluruhnya, RT, RW, LPMK, KSH kita sudah bergerak  minggu depan untuk kampung madani,” pungkasnya.

Baca Juga: Jadi Tersangka Korupsi, Bupati Sidoarjo Tak Hadir di Acara Puncak Hari Otoda

Editor : Ading